Senin, 10 Juni 2013

Remaja SMP Bertindak sebagai Mucikari untuk Teman-temannya lewat BBM? Ya, Ampun!



By Christie Damayanti


1370840830439471626
sdf1.tv

Apa yang dilakukan remaja2 dengan gadgetnya? Banyak! Apa saja! Jika mereka kreatif, gadget mereka dipakai untuk menunjang kreatifitasan mereka dengan berkegiatan yang positif. Seperti bermusik dengan iPad seperti mas Indra Lesmana ( lihat tulisanku ….. ). 

Atau menulis sebagai blogger dengan laptopnya. Atau juga bisa untuk ‘pamer’ foto2 mereka lewat Instagram atau aplikasi2 yang lain, misalnya. Bahkan bisa jual beli barang2 hobi mereka untuk mengasilkan uang. Itu yang kreatif, yang peduli dengan mimpi dan masa depan mereka. Yang ingin bisa untuk berusaha meningkatkan hidup mereka.

Bagaimana dengan remaja2 yang hanya mau bersenang2 saja? Hanya ingin santai dan bergurau2 saja tanpa menghasilkan sesuatu? Bahkan hanya unyuk menggoda lawan jenisnya atau menteror sampai mengajak berbuat mesum?

Remaja2 seperti ini hanya mau bermain2 saja. Hanya bersenang2 saja tanpa peduli masa depan mereka. Bahwa mereka harus berjuang karena semakin tahun, mereka semakin ketat dalam persaingan …..

Game online terus menerus tanpa memikirkan pelajarannya. Facebook-an setiap saat dengan status2 galau yang tidak jelas juntrungannya. Twiteer-an saling memaki, menghujat atau mwng-hack teman2nya. Atau sms dengan tujuan ‘menjual’ teman2nya untuk dijadikan ‘pekerja seks remaja’, dan dia sebagai mucikari! 

Astaga!

Pagi tadi di sebuah berita TV, seorang remaja SMP berumur 15 tahun menjual teman2nya kepada lelaki hidung belang, lewat BBM dan SMS di suatu kota di Indonesia! Dan aku yakin, tidak hanya dia saja, tetapi masih banyak yang seperti itu! Ya ampun! Remaja SMP? Menjual teman2nya? Jaman aku SMP, berpikir dekat dengan lelaki saja tidak pernah, apalagi berpikir ‘gituan’ dan menjual teman2nya kepada lelaki hidung belang!!

Ckckck ….. Jaman benar2 sudah berubah!

Jaman memang harus berubah! Teknologi membuat dunia ada di 1 genggaman kita melalui gadget. Betul, jaman sudah berubah, teknologi swmakin maju. Tetapi bukan teknologinya yang disalahkan. Individu nya yang harus berubah untuk lebih baik!

Jika remaja2 kreatif, pasti tidak akan keluar dari rel. Menurutku, lingkungan dan keluarganya yang bisa membuat remaja2 kreatif itu berkembang. Tetapi bagaimana dengan remaja2 yang mau seenaknya sendiri saja, seperti yang aku tuliskan diatas? Tidak ada akhlak sama sekali dan sama sekali tidak takut kepada Tuhan!

Memang tidak mudah untuk mendidik anak2 dan remaja untuk mampu mandiri demi masa depan mereka sendiri. Dan kami, IDKita menyadari tentang hal tersebut. ‘Menjaga’ anak2 dan remaja untuk hidup baik dalam ‘dunia maya mereka’ dan menjadikan dunia maya mereka sebagai media kreatifitas mereka.

Dunia maya bukan cuma di internet saja. Tetapi juga lewat telpon. Dengan BBM, atau SMS, itu dunia maya juga kan? Tidak terlihat dan tidak tersentuh …..

IDKita selalu men-sosialisasikan tentang bahaya dunia maya. Dan anak2 dan remajalah yang merupakan incaran kejahatan karena mereka tidak atau belum tahu kehidupan. Atau bukan hanya korban saja, tetapi justru mereka adalah sasaran ’setan’ sebagai si pelaku kejahatan. Bahkan bukan kejahatan kecil2an saja, melainkan kejahatan besar sebagai ‘kriminal remaja’. Seperti sebagai ‘hacker’ yang bisa meng-hack sambil mengancam. Atau yang aku tulis diatas, ‘menjual’ teman2nya kepada lelaki hidung belang untuk mendapatkan uang, sebagai mucikari, lewat BBM dan SMS …..

Jika setelah mensosialisasikan tentang positif dan negatif dunia maya, IDKita juga mengajarkan untuk mereka mencoba berkreatif dengan dunia maya mereka. Bahwa internet atau gadget bukan cuma Facebook-an atau Twiteer-an saja. Mereja bisa melakukan banyak hal, salah satunya dengan mengajarkan sebagai blogger, menulis tentang dunia mereka, dunia remaja. Ada juga kami mengajarkan membuat E-Mading di beberapa sekolah2. Dan kami juga akan mencoba mengajarkan fotografi serta bermusik lewat dunia maya mereka.

Motivasi2 untuk mereka harus terus digalakkan supaya mereka berusaha mencoba ke-kreatif-an mereka, dan semakin kreatif, mereka akan semakin maju dan mandiri sebagai generasi masa depan bangsa.

Konsep IDKita ini, sudah dilakukan dari 1 tahun lalu, setelah IDKita berdiri, Mei 2013. Motivasi untuk anak2 dan remaja sudah menuai hasilnya, walau baru sedikit yang benar2 mampu sebagai remaja yang mandiri bagi masa depan mereka. Beberapa remaja2 SMP dan SMA sudah mampu dan percaya diri untuk menulis tentang apapun dalam dunia mereka. 

Salah satunya, remaja SMP dari Purwokerto, Balqis, sekarang dia mampu menulis dengan teratur di Kompasiana secara bersambung, sebagai sebuah novel karangannya sendiri. Itu hanya dengan sedikit berdiskusi denganku lewat SMS dan dia mampu untuk berani dan mem-posting. Dan ‘fans’ nya lumayan banyak untuk penulis pemula, secara juga dia masih seorang remaja SMP di sebuah kota di Jawa Tengah …..

***

Ketika jaman sudah berubah dan teknologi merambah di setiap jengkal kehidupan kita, seharusnyalah justru kita sebagai orang tua lebih intensif untuk ‘menjaga’ karakter anak2 kita dengan agama da budi pekerti. Supaya anak2 kita mampu mempertahankan dirinya untuk hidup di jaman sekarang yang benar2 sudah ‘amburadul’ …..

Bahwa sekali lagi, jaman memang sudah berubah dan tidak ada yang bisa disalahkan. Dan dengan teknologi yang juga semakin canggih serta dunia ada di tangan kita dengan sebuah gadget, tidak ada yang bisa menolak untuk anak2 dan remaja bisa ‘jatuh’ dalam keterpurukan. Sehingga satu2nya jalan adalah menanamkan sebuah kehidupan berbasis tingkah laku dan pemikiran serta hati yang tulus untuk bisa survive dalam hidup dan masa depan. 

 Bahwa kita dan mereka tidak akan mampu untuk memberantas semua yang jelek2, tetapi usaha kita sebagai orang tua harus semaksimal mungkin untuk mendidik anak2 dan remaja kita tegar berdiri dalam ketulusan hati serta kecerdikan seekor merpati …..

13708409371838801782

Tags: ,

0 Responses to “Remaja SMP Bertindak sebagai Mucikari untuk Teman-temannya lewat BBM? Ya, Ampun!”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks