Kamis, 29 Agustus 2013

‘Beverly Hills 90210′ : Benarkah Pemukiman Mewah Itu Ada di Jakarta?



By Christie Damayanti

1377755680513873846

Seingatku, jakarta mempunyai sebuah konsep perumahan mewah seperti Beverly Hills di Amerika. Beverly Hills adalah komplek pemukiman mewah di sekitar Burbank-Los Angeles. Banyak orang2 terkenal dibidang entertainment tinggal di sana. Rumah2 mewahnya merupakan rumah tunggal, jarak antar rumah bisa melebihi puluhan meter karena memang tanahnya sangat luas. Dan semua rumahnya benar2 besar san luas dan dikelilingi oleh taman indah dan pasti mempunyai kolam renang.

Konsep pemukiman seperti itu, untukku hanya sebuah mimpi. Bermimpi menjadi orang kaya memang sangat menyenangkan! Mempunyai semuanya, termasuk mempunyai tempat tinggal di pemukimam mewah serta fasilitas2 yang luar biasa! Dan aku sangat tahu ( karena ada seorang teman yang tinggal di Beverly Hills ), ketika aku kesana dan sempat mampir ke rumahnya, aku hanya bisa berdecak kagum dengan rumah dan fasilitas2nya! Dan aku benar2 mimpi, untuk mempunyai tempat tinggal seperti itu!

Ketika aku masih kecil tetapi sudah berkecimpung di kegiatan2 papa sebagai pegawai pemda ( lihat tulisanku Ketika ‘Papan Kuning’ Berkata ….. ), seingatku papa menceritakan sebuah konsep pemukiman mewah, seperi di Beverly Hills. Dan waktu itu di kantor papaku, ada maket pemukiman dengan pohon2 kelapa ‘ala’ Beverly Hills. Ada yang tahu,dimana pemukiman itu? Ya, Pondok Indah!

Walau kavlingnya kecil ( yang bukan di jalan utama ), tetapi harga juaknya tetap saja mahal. Desain2 rumahnya di jalan utama Metro Pondok Indah memang cantik. Dari pertama kali aku mengunjunginya sekitar tahun 1970-an sampai sekarang, tetap saja   rumah2nya selalu direnovasi, mengikuti trend desain arsitektural. Menarik dan menyenangkan …..

Di jalan Metro pondok Indah nya, sesuai dengan ‘pakem’ arsitektural dan perkotaan. Ada yang namanya daerah perdagangan dan faasilitas2nya. Ruko2, kantor2 kecil serta fasilitas mall, sport club,sekolah, dan sebagainya. Itu dalam 1 daerah, seputar jalan masuk utama pemukiman ini dari depan. Setelah itu, yang aku tahu adalah daerah murni pemukiman, BUKAN untuk TOKO, KANTOR ataupun FUNGSI2 LAINNYA.  

Sehingga, sungguh ketika sekitar tahun 1970 - 1980-an, aku benar2 merasa Pondok indah memang berada di sebuah pemukiman ‘mimpi’, dan kami sering berenang di sport club disana dengan mama dan adik2ku jika weekend. Suasana segar dengan pepohonan dan rumah2 cantik, serasa di sebuah ‘mimpi’. Jakarta berhasil dengan konsep sebuah pemukiman mewah-nya, yang menjadikan tempat ini sebagai pemukiman2 warga kaya Jakarta …..

13777558201184407249
13777571291913553909

Konsep jalan utama Pondok Indah dengagn jalan utama kawasan Beverly Hills, sama2 cantik, walau di Beverly Hills menggunakan pohon palem Phoenix Sylvestris ( yang harganya 1 pohon tinggi seperti ini sekitar 100 juta ) dan Pondok Indah menggunakan Palem Botol, yang harganya sekitar belasan juta saja per-1 pohon. Tetapi sama2 cantik …..

Itu dulu! Bagaimana dengan Pondok Indah sekarang?

Ternyata tidak gampang mengurus dan memelihara daerah yang sebenarnya sudah menjadi ‘trade-mark’ sebuah kota. Semua sudah tahu bahwa Pondok Indah adalah pemukiman mahal, sehingga warga Jakarta jika ingin tahu Beverly Hills seperti di film seri Beverly Hills 90210, lihat saja Pondok Indah! Jalan utama Metro Pondok Indah, sepanjang jalan di pembatas jalan terdapat pohon kelapa. 

Jenis yang tidak terlalu mahal, dan tidak sama dengan pohon kelapa yang ada di Beverly Hills, tetapi konsepnyacukup bagus dan sekilas jka di foto tau di video, seakan2 Pondok Indah adalah ‘Beverly Hills Jakarta’. Cantik, memang ….. tetapi, itu dulu!

13777565351695992915
citizenimages.kompas.com

13777565891825158466
Apa bedanya ???

Sekarang, Pondok Indah di sepanjang jalan utamanya terbentang banyak sekali bisnis2 seperti bank2, toko2, restauran2 dan cafe2, yang seharusnya tempat itu adalah hunian murni! Sedianya, bisnis2 tersebut sudah dialokasikan di depan mall Pondok Indah sekarang, tetapi terus melebar dan meluas hingga jalan2 yang lain di pemukiman elite ini.

1377756657388468524
kiss4life.wordpress.com

1377756823250963597

Pondok Indah menjadi bisnis kelas perkotaan dengan 2 mall besar, sementara Beverly Hils tetap mempertahankan bisnis atau pertokoan lingkungan, sebagai sentra mencari kebutuhan hidup hanya di sekitarnya saja.Sayang sekali, Pondok Indah sudah berubah menjadi bisnis perkotaan …..

Akibatnya, aku sekarang tidak melihat ‘kemewahan’ pemukiman ini, aku hanya melihat sebuah perumahan biasa dengan bisnis2nya yang bertebaran dimana2. Karena apakah ada yang tahu dan mengerti, bahwa konsep sebuah rumah tunggal itu adalah ‘ke-elegan-an’, kemewaan, dan kemandirian. 

Tetapi,  ruko atau bisnis2 kecil lain di sebuah kompleks perumahan, menjadikan rumah tunggal dengan ke-elegan-an, kemewahan dan kemandirian itu menjadi luruh, sebanding dengan bisnis yang  terus didatangi banyak orang! Artiya, pupus sudah konsep elegan, mewah dan prestisius, untuk sebuah pemukiman Pondok Indah!

13777568791949498825
www.tempo.co




1377756924360684050
www.panoramio.com



Jalan utama Metro Pondok Indah, sekarang sudah sangat semrawut, dan menurunkan kualitas hidup di kawasan mewah ini.

Jika kita browsing untuk melihat Beverly Hills sekarang, ke-elegan-an serta kemewahan kompleks perumahan elite tersebut tidak berubah. Tidak ada bisnis2 di tempat itu. Semuanya hanya rumah2 tinggal saja, bahkan rumah2 mewah itu bertambah lagi. 

Konsep perumahan dan pemukiman mewah pun tetap disandangnya, sebagai salah satu daerah elite di Los Angeles ….  

Para penghuninya sangat mengerti tentang sebuah zoning dalam perkotaan. Dimana bisa tinggal, dan dimana mencari kebutuhan2 serta dimana fasilitas2nya. Ditambah, mereka sadar dengan namanya ATURAN!

13777569581706134141

Bahkan di lingkungan belakang ini, tetap dipakai sebagai bisnis untuk rumah2nya …..

Ditambah, aku sangat yakin bahwa bisnis2 di Pondok Indah ini tidak ada ijinnya. Karena pemda pun tahu tenntang zoning, sehingga jika zoning ini di kacaukan dengan keegoisan warganya, sungguh sebuah ironi yang tidak tanggung2! Warga Pondok Indah, yang notebene merupakan warga ‘berkelas’ dan pastinya tahu tentang aturan, tetapi tidak peduli dengan aturan2 tentang ijin penggunaan bangunan!

Coba lihat di artikelku ini, bahwa membangun rumah itu harus sesuai dengan ijinnya. Jika ijinya sudah benar, tetapi penggunaan bangunan itu salah, tetap saja TIDAK SESUAI DENGAN ATURAN ( ada ijinnya tersendiri : Ijin Penggunaan Bangunan ). Akibatnya jika 1 warga berbisnis di rumahnya ( rumahnya dijadikan kantor, atau cafe, atau toko atau restauran ), pasti akan memicu bisnis2 kecil di rumah2 sebelahnya. Dan semakin luas bangunan yang tidak sesuai dengan ijin dan penggunaannya, semakin terpuruklah daerah tersebut sebagai tempat tinggal yang nyaman ….. Lihat tulisanku ‘Dunia Glamour dan Gemerlap’ Kelapa Gading.

Pondok Indah adalah kawasan yang enak untuk tinggal karena sebenarnya developer yang membangun ini mempunyai rasa kepedulian tentang arsitektural serta tata perkotaan, karena beliau adalah seorang arsitek senior, salah satu idolaku. Pernah aku bekerja untuk beliau di beberapa pembangunan mega proyeknya dan aku tahu tentang kepedulian beliau. 

Tetapi dengan perkembangan jaman, manajemennya berubah, serta ketidak-pedulian si pembeli dan sekarang pemilik rumah2 yang membeli dari developer tersebut, tidak mengerti ( atau tidak mau tahu? ) tentang perarurannya, sehingga semakin berkembanglah dan melebarlah rumah2 yang dijadikan bisnis disana ……

Apakah warga Pondok Indah semakin merasa nyaman dengan ‘kesemrawutan’ fisik kawasan seperti ini? Apakah mereka lebih senang dengan bertambah banyaknya bisnis2 kecil dalam area perumahan mereka, karena mereka lebih gampang untuk akses mencari kebutuhan disana? Atau sebaliknya, mereka justru bersikap tdak suka karena ‘kesemrawutan’ kawsan tempat tinggal merea menjadi macet dan hilang ke-khas-an kawasan perumahan mewah mereka? Terserah saja!

Tetapi yang jelas aku berdiri di tengah2 sebagai arsitek, urban planner serta pengamat fisik bangunan dan sosial, untuk mengungkapkan dan misi idealisme demi ‘Jakarta yang lebih baik’ ……

Tags:

0 Responses to “‘Beverly Hills 90210′ : Benarkah Pemukiman Mewah Itu Ada di Jakarta?”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks