Rabu, 19 Juni 2013

Myoma ….. ooooo Myoma …..



By Christie Damayanti

1371635546827114355
www.facebook.com

Kata dokterku, seorang perempuan bisa ‘terserang’ myoma di rahimnya. Bukan hanya ‘bisa’, tetapi banyak perempuan sekarang terserang myoma, karena life-style ( workoholic, stress, tidak istirahat dengan teratur ) dan makanan2 yang tidak sehat. Myoma tersebut, bisa bukan hanya 1 saja, tetapi bisa banyak. Seperti aku, 2 buah myoma menyerangku masing2 berukuran 11 cm, berada di dekat ginjalku. Jadi besar kedua myomaku adalah 22 cm.

Pada umumnya, myoma berukuran kecil, tetapi perkembangannya bisa tidak terduga. Arenanya dokterku meminta aku harus terus di terapi Diathermi, untuk membuat myomaku mengecil, kisut dan kemungkinan besar akan mati!

Myoma ada yang berkembang perlahan, tetpi bisa juga ada yang berkembang dengan sangat cepat! Sebagian besar, kasus penderita myoma tidak berbahaya, dan tidak berhubungan dengagn peningkatan resiko kanker. Tetapi ada sebagin perempuan, myoma itu bisa berkembang menjadi sangat berbahaya, dan peningkatan resiko terkena kanker pun, sangat cepat, seperti aku …..

Beberapa perempuan, myoma itu dengan gampang di ambil dan mereka akan sehat kembali. Tetapi sebagian perempuan, termasuk aku, myoma nya tidak mungkin atau susah untuk diambil karena akan terjadi pendarahan yang luar biasa atau akan membahayakan rahim mereka. Sehingga myoma tersebut tetap dipertahankan di dalam tubuh mereka, tetapi terus dipantau dengan kemungkinan2 dan resiko2 yang bisa terjadi.

Ketika aku belum menikah, apalagi ketika aku masih kecil, aku tiak peduli tentang bagian2 tubuhku terutama bagian reproduksi wanita. Apalagi berubungan dengan sebuah benda asing yang menyerang rahimku, aku sama sekali tidak mengetahuinya.

Tetapi setelah aku benar2 mengalami ‘penyerangan’ myoma di rahimku, aku mulai mengingat2, sebenarnya dulu apakah aku benar2 mempunyai gejala2, yang membuat aku mengalami kejadian yang luar biasa, ketika aku hamil?

13716356251971860651
geny2012.blogspot.com

Myomaku ada 2 buah, menempel di bagian luar rahimku, berada di belakang rahim, dekat ginjal.

Coba, mungkinkah ini gejala2nya, sesuai denan referensi :
  • Nyeri di perut atau di pinggul.
Benar, dulu jika aku mengalami menstruasi, aku selalu merasakan nyeri di perut dan pinggul. Bahkan nyeri ini akan sembuh jika aku minum obat keras dari dokter.
  • Perut terasa penuh
Benar, perutku selalu merasa ‘penuh’, dan perutku pun selalu besar. Bahkan sebelum hamil, aku selalu dikatakan ‘perut buncit’, mungkin karena myoma tersebut.
  • Nyeri sanggama.
Ketika sudah menikah, ya, benar. Aku merasa nyeri jika bersenggama. Dan sekali lagi, siapa yang tahu jika ternnyata ini adalah karena myoma?
  • Gejala anemia karena banyak kehilangan darah menstruasi.
Ya, benar. Jika aku mengalami mentruasi, aku selalu harus ke dokter kandungan, bahkan seringa aku malu karena belum menikah tetapi sering ke dokter kandungan. Setelah itu, aku selalu di beri obat dan vitamin untuk menambah sel2 darah merah.
  • Sering berkemih karena myoma menekan kandung kemih.
Jelas sekali! Aku selalu ‘beser’, karena ternyata myomaku yang 2 buah itu menekan kandung kemihku. Hhhhhh ……
  • Tekanan pada panggul.
Panggulku memang selalu terasa seperti ada yang ‘menekanku’. Rasanya, nyeri dan pegal2.
  • Infertilitas atau keguguran.
Ya, sudah aku ceritakan di artikel2ku.
  • Constipation ( sembelit )

  • Nyeri mendstruasi, perdarahan haid yang tidak normal (lebih banyak atau lebih lama), atau haid tidak teratur
Ya, seperti yang sudah aku ceritakan di artikel2ku. Bahkan justru dengan menstruasi yang sangat tidak teratur dan dalam 2 bulan tetap pendarahan, itu yang menjadikan aku sadar bahwa myoma dan tumorku bertumbuh menjadi kanker …..

Dalam menjelang2 kehamilan dan kelahiran kedua anak2ku, aku selalu dirundung ketakutan. Bukan karena takut mati, tetapi lebih kepada ketakutan dalam kesakitan. Trauma kesakitan terus menghunjamku.  Sehingga, aku berusaha untuk mencari tahu, apa yang menjadi penyebabnya …..

Menurut dokterku yang aku ingat dan menurut referensi  yang aku baca, penyebab terjadinya myoma belum jelas diketahui. Kata dokterku, lebih kearah ‘life-style’. Sejak kecil, seperti yang lain, aku suka makanan berkolesterol tinggi, dan ‘junk food’. Itu salah satu penyebab myoma tumbuh. 

Ada juga menuurut referensi yang aku baca, jika ada keluarga mempunyai myoma, kemungkinan kita juga bisa mempunyai myoma. Tetapi, sepanjang yang aku tahu, keluargaku tidak ada yang mempunyai myoma.Tetapi aku akan berhati2 untuk menjaga anakku yang perempuan, karena gen seorang ibu sangat dekat denan anak perempuannya …..

Pertumbuhan myoma juga dikendalikan oleh faktor hormonal, terutama hormon wanita, estregen. Seperti yang aku tuliskan di artikel2ku, bahkan biasanya myoma akan bertumbuh dan berkmbang pada masa kehamilan ( khusus untukku ) dan masa reproduksi, bagi perempuan kebanyakan. 

Ditunjang dengan masa2 kehamilan dengan kadar estrogen yang sangat tinggi. Dan myoma akan menciut di masa2 menopause atau di lakuksn terapi, seperti yang aku lakukan, atas nasehat Dr Eriyono.

Faktor yang lain penyebab timbulnya myoma adalah ketidak-seimbangnya emosi, termasuk stres, daya tahan tubuh rendah, life-style yang buruk serta makanan2 berkolesterol tinggi. Denan timbunan kolesterol tinggi dan lemak2 dalam tubuh, menyebabkan myoma lebih cepat tumbuh. Ditambah lagi, faktor2 bakat dan dipicu oleh rngsangan2 hormon, karena emosi yang tidak stabil, juga mengakibatkan myoma bertumbuh dengan cepat dan tidak terkendali …..

Menurut referensi yang aku baca, bahwa pertumbuhan dan perkembangan  sebuah myoma, akan memerlukan waktu sekitar 8 tahun untuk myoma akan menggangu si penderita. Bagaimana dengan 
aku ?

Dan yang paling mengerikan, bahwa myoma yang udah diangkat, jika kebersihan alat kelamin, berat tubuh, serta sering keputihan ( infeksi dan jamur ) serta tidak adanya keseimbangan emosi, akan tumbuh kembali!

Ya, ternyata keseimbangan emosi lagi2 merupakan kunci, apapun itu. Dan dalam kehidupanku, aku selalu dihadapkan sebuah konflik, sehingga keseimbangan emosiku selau berada di uung tanduk. Ditambah beban pekerjaan, aku selalu ada di tengah2 kebutuhan dalam menyeimbangkan emosi, untuk terus mampu tegap berdiri.

Hidupku memang indah, apalagi dengan aku di letakkan di sebuah keluarga yang sangat erat memperlakukan kasih sayang dalam Tuhan Yesus Kristus. Tetapi pada kenyataannya, ketidak-seimbangan emosi dan life-styleku membuat cakar2 maut terus mengintaiku …..

Catatan :


Tags: ,

0 Responses to “Myoma ….. ooooo Myoma …..”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks