Senin, 23 Desember 2013

Alangkah ‘Aman’nya jika Orang Tua Dapat Mengontrol Anaknya di Dunia Maya …



By Christie Damayanti


13877762181800044629
IDKITA Kompasiana

Akhir tahun 2013, IDKITA Kompasiana disibukkan lagi denga event Hari Ibu. Awalnya, kami berencana membuat sebuah seminar dan talkshow yang akan menghadirkan beberapa Perempuan Hebat Indonesia. Tema nya adalah ‘3 Perempuan Hebat Indonesia’ akan menghadirkan salah satunya adalah ibu Linda Gumelar, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, dan 2 orang Perempuan Hebat yang lain. 

Dan audience nya berkonsep untuk siswi2 remaja putri serta perempusn dewasa berprestasi di Jakarta. Undangannya sudah ditentukan di beberapa sekolah, dan sudah kami berusaha untuk koordinasi kepada beliau2 ini. Sampai akhirnya, ternyata rencana tersebut harus dibatalkan karena bu Linda Gumelar sendiri acaranya sangat padat, sehingga beliau hanya bisa membuka seminar ini, dan yang lainnya tiba2 harus ke luar kota.

Cukup mengecewakan, memang, tetapi IDKITA tetaplah IDKITA. Sebuah komunitas yang selalu menampung ide2 anggotanya, sehingga walau acara besar tersebut batal diselenggarakan, tetapi kami mempunyai sebuah acara special yang lain, yaitu ‘Road-Show’ to School’ untuk Sosialisasi dan Workshop tentang Internet Sehat dan Aman. Tidak jadi 1 kegiatan di 1 tempat dalam 1 waktu, IDKITA menghasilkan 4 kegiatan di 3 sekolah ( SD 02 dan 03 Grogol dan SMP 115 Tebet ) yang berbeda dengan ratusan siswa / siswi dan orang tua serta guru2 dalam 3 hari!


Jumat tanggal 20 Desember 2013 kemarin, IDKITA Kompasiana ( Valentino dan aku ) bersama 2 orang remaja Duta INSAN ( Alicia - Duta Indan 2013 dengan Michelle - Finalis Duta Insan 2013, lihat tulisanku Taraaaaa …..Terpilihlah Sudah ‘Duta Insan Nasional 2013′ ), men-sosialisasikan tentang internet Sehat dan Aman di SMP 115. Tujuannya adalah untuk sosialisasi dan workshop kepada orang tua ( bukan siswa / siswinya ) dan memperkenalkan tentang ‘Parenting Control’ ( untuk dipasang di gadget anak2 dan remaja di Blackberry, iPhone, iPad, Symbian, Nokia dan Windows Essential ) serta ‘Family Guard’ khusus untuk Android dari Indosat.

Sebelumnya, hari Kamis tanggal 19 Desember 2013, IDKITA dengan Michelle Finalis Duta Insan 2013, juga sudah datang ke SMP 115, untuk sosialisasi di depa orang tua dan guru2 kelas 7 Dan mereka antusias untuk belajar lebih dalam lagi tentang pemasangan ‘Parentig Control’ atau ‘Family Guard’, sampi mereka menginginkan kami datang lagi untuk khusus mengajari mereka dalam workshop seharian, di tahun depan.

Dari kasus kelas 7 ini, kami juga endapat sambutan yang cukup antusias ketika kami men-sosialisasikan di kelas 8 dan kelas 9 di SMP 115 juga, pada Jumat-nya. Full day, dari mulai jam 8.00 sampai sebelum Sholat Jumat untuk kelas 9, dan dilanjutkan dari jam 14.30 sampai selesai.

13877762801790248204
1387776327807628165

Pembukaan sosialisasi di kelas 7 ( Hari Kamis 19 Desember ) dan Valentino dengan gaya khasnya berjalan2 diantara orang tua untuk ‘menyihir’ mereka tentang kekuatan bahaya dunia maya bagi anak2 mereka, untuk kemudia mereka lebih bisa ‘mengontrol’ kegiatan anak2 mereka di dunia maya …..
Konsep kami dalam sosialisasi adalah Valentino mengawali bicara tentang dunia maya dan teknologi, yang lebih detail tentang bahaya2nya untuk remaja. Sampai para orang tua dan guru2 terkesima dengan fakta2 yang ada, Valentino mulai ‘menurunkan’ intonasi bicaranya untuk memperkenalkan beberapa solusi bagi mereka ( anak2 dan remaja serta orang tua dan guru2 ).

Yang pertama adalah membimbing anak2 dan remaja untuk  melakukan kegiatan2 positif termasuk juga di dunia teknologi ( jika mereka memang berminat ), salah satunya adalah mengikuti kompetisi Duta Internet Sehat dan Aman, seperti contoh 2 siswa SMP ( Alicia dan Michelle ) sebagai Duta Insan. Dan setelah itu, Valentino mempersilahkan Alicia dan Michelle memperkenalkan dirinya masing2 serta bercerita tentang kegiatan mereka sebagai Duta Indan 2013.

13877764272071918904
13877766161398174025

Michelle dan Alicia bergantian berbicara tentang kegiatan mereka sebagai Dutan Insan 2013 ( Hari Jumat 20 Desember ) …..

Dan walau mereka masih muda usia ( masih SMP ), ternyata kelihaian mereka dalam berbicara sudah mulai bersinar. Walau sangat wajar jika mereka masih malu2 dan kadang2 bingung, tetapi mereka cepat untuk belajar, yang membuat orang tua dan guru2 itu terlihat percaya bahwa kegiatan anak2 dan remaja di Jakarta ini masih ada yang peduli dan tidak melakukan ‘yang aneh2′ di dunia maya.

13877766921873335806
1387776807531050401
Sosialisasi di kelas 8, diantara orang tua dan guru2 SMP 115 Tebet

Yang kedua adalah menampilkan aku sebagai motivator dalam berkegiatan di dunia maya. Bahwa teknologi internet adalah memang mada depan dunia, khususnya anak2 dan remaja. Teknologi nantinya merupakan titik sentral kehidupan manusia, bahwa dunia hanya ada di 1 genggaman tangan kita saja.Tinggal memencet 1 jari saja, dunia akan berubah!

Seperti biasa, berbicara tentang pemanfaatan internet dengan sangat baik. Dalam menulis swbagai blogger di Kompasiana. Dalam berkomunitas di beberapa grup Facebook sampai kopdar secara positif, bahkan dalam memposting hobi2ku filateli dan kegiatan2ku ( yang bergerak ) di yotube, adalah beberapa cara pemanfaatan teknologi internet yang positif. Dan akhirnya aku selalu mengajak upaya orang tua dan guru2 belajar menulis untuk pemanfaatannya serta berinteraksi di komunitas kami.

Dan yang ketiga, walau bukan yang ter’kecil’, Valentino akan menutup sosialiasi ini untuk mengajak orang tua dan guru yang berminat untuk memasang ‘Parenting Control’ atau ‘Family Guard’ di gadget anak2 dan remaja mereka, atau setidaknya, orang tua dan guru bisa belajar untuk memantau anak dan remajanya dalam berinteraksi di dunia maya. Mereka sangat antusias, dan bersama dengan orang tua dan guru kelas 7, untuk kelas 8 dan kelas 9 pun sangat berminat untuk belajar bersama …..

1387777032142042740
***
Kegiatan IDKITA pada akhir tahun 2013 ini, memang cukup pada. Di tahun ini, puluhan kegiatan sudah kami lakukan termasuk di luar kota di Purwokerto dan Yogyakarta bersama Kominfo serta diundang untuk mengikuti APEC for Women 2013 di Bali kemarin ( yang di kota2 lain tetap berjalan denan baik bersama relawan2 IDKITA di masing2 kota ) , menyusul kesuksesan IDKITA di tahun 2012 yang lalu, dimana pada event Hari ibu 2012 IDKITA berkolaborasi dengan Kemen Kominfo serta Kemen Perdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, menyelenggarakan Seminar Nasional “Ibu di Era Digital” dengan mwnghadirkan semua istri2 Gubernur ( Ketua PKK ) dari 34 Provinsi di Indonesia ( lihat di link2 di bawah ini ).

Dan tahun yang akan datang 2014, dengan apa yang Tuhan inginkan, aku yakun IDKITA akan terus melebarkan sayap dalam pelayanan bagi ‘pemberdayaan perempuan serta perlindungan anak dan remaja di bidang teknologi ( ICT ) untuk Indonesia’ ……

Sampai bertemu IDKITA di tahun 2014, salam IDKITA, Tuhan berkati ……

Link tentang kegiatan IDKita Kompasiana
 
‘Parenting Control’ Bukan untuk Mengawasi Suami, Ya!
 
Banggaku kepada ‘Michelle dan Nathasya’: Mereka Menyimakmu…
 
Penandatanganan MOU antara IDKITA dengan Kowani untuk Pelayanan Anak-anak dan Remaja
 
‘Duta Insan’ 2013 : Remaja [IDKITA] Calon Kebanggaan Bangsa
 
Pekerjaan Besar Tuhan Menanti : Bersama IDKITA dan Kowani Melayani Sesama …..
 
Kita Tidak Akan Pernah Berhenti: Sebuah Komitmen dengan Tuhan …..
 
Test Online Calon ‘Duta Internet Sehat dan Aman’ 2013
 
Apresiasi Ibu Dewi Motik [Ketum Kowani] kepada IDKITA Kompasiana dan Rencana MOU
 
‘Bapak Gatot M.Suwondo CEO BNI 46′ : Siap Mendukung Program-Program IDKITA Kompasiana!
 
“Keep in Touch, Sista …..”
 
Aku Tidak Tahu, Kemana Tuhan Akan Membawa Kita …..
 
Bermula Hanya Menulis di Kompasiana, Berkarya lalu Meluaskan Jaringan di Dunia Internasional
 
Memanfaatan Peluang Perempuan Indonesia di APEC Women 2013 di Bali
 
IDKITA Kompasiana Terus ‘Bersinar’ di APEC Women 2013 di Bali
 
‘Opening Ceremony’ APEC Women 2013 di Bali, 6 September 2013
 
APEC Women 2013? IDKita Kompasiana Diundang ke APEC di Bali? Wah …..
 
Griya Yatim dan Dhuafa Menjalin Kerjasama Dengan IDKITA Membangun ‘100 Desa Internet’ di 
seluruh Indonesia

 
Bukan Sekedar ‘Kampung’ Biasa, apalagi Bersama IDKita dengan Griya Yatim dan Dhuafa
 
Akun Soraya Haque itu Palsu!
 
Tetapi Akun Soraya Haque di Kompasiana, itu Asli Lho …..
 
[ IDKita Kompasiana ] Cerita di Kampus Atmajaya dan Kampus Gajah Mada
 
[ IDKita Kompasiana ] Mengajak STIE YKPN Yogyakarta untuk Berbagi Demi Bangsa
 
[ IDKita Kompasiana ] Berbagi dengan Remaja SMA Bopkri-1 Yogyakarta
 
Kita Akan Mengguncang Yogyakarta! Be There!!!
 
‘IDKita Kompasiana’ di Mataku : Refleksi 1 Tahun
 

Papua, IDKita Kompasiana is Coming …..
 
IDKita Kompasiana dan Kementerian Kominfo Akan Datang ke Tempat Anda …
 
Dunia Maya pun Juga Ada di ‘Hp Jadul’…
 
Indonesia Akan Mendengar Mereka
 
‘Gerakan Guru Menulis’ di Kompasiana
 
Kreatifitas Menulis Siswi SMP di Baturaden
 
Buruh Petani pun Harus Bisa Internet! Sasaran Orang Tua Siswa SMPN 1 Sumbang - Purwokerto
 
Pengembangan Internet Sehat dan Aman di SMPN 1 Baturaden, Purwokerto
 
Selamat Datang di Purwokerto, Salam dari IDKita Kompasiana …..
 
Mereka Berselancar di Dunia Maya di Warnet, Sementara Orang Tua Mereka adalah Buruh Tani …..
 
Dialog Bersama Remaja SMP Penabur Kota Jababeka
 
Talk Show Kompas TV di Hari Ibu 2012 : Ibu Jaman Sekarang Harus ‘Melek’ Teknologi …..
 
IDKita Remaja Sudah Membuktikannya di Seminar “Peranan Ibu di Era Digital” …..
 
“Aduuuuhhhh, Aku Stresssssss …..” : Kesibukan Menjelang Hari ‘H’
 
“Bukan Ortu Gaptek” : Buku Pertama IDKita Kompasiana
 
Radio DFM 103.4 FM menggandeng IDKita Kompasiana

 
Ternyata Mereka Hanya Ingin Pengertian dan Keterbukaan
 
IDKita Kompasiana dan 2 Kementerian : Persiapan Seminar Hari Ibu Nasional 2012
 
Kompasianival 2012: Remaja-Remaja IDKita yang Luar Biasa!
 
Seminar ‘Game Online’ - Kominfo : Ketika Kreatifitas Anak dan Remaja Berseberangan dengan 
Dampak Negatifnya
 
‘Parenting Control’ : Workshop Perdana IDKita Kompasiana
 
IDKita Kompasiana Akan Berkolaborasi dengan 2 Kementerian dalam Hari Ibu 2012
 
Mbah Google versus ‘Mading’
 
Sudah Berapa Jauhkah IDKita Kompasiana Berkembang?

 
Kolaborasi IDKita Kompasiana dengan Kominfo dalam Membina Generasi Muda di SMK Kesdam 
Jaya

 
‘The Next Action’ dengan ibu Mariam F.Barata, Direktur Pemberdayaan Telematika Kominfo

 
Berdialog dengan ‘Ibu Linda Amalia Sari Gumelar’, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan 
Perlindungan Anak RI

 
Ketika Orang Tua Baru Mengerti, Bahwa Anak-Anak Mereka Berada ‘Jauh’ di Depan Mereka …..

 
Remaja Tidak Menyadari Bahwa Bahaya ‘Mengancam’ Mereka !

 
Respon Antusias Orang Tua tentang ‘Internet Sehat’ di GKJ Eben Haezer

 
Diskusi dengan Dirjen Telematika Kominfo, Bapak Ashwin Sasongko
 
ID Kita Kompasiana - Kominfo : Diskusi Program ‘Internet Sehat’

 
ID Kita Kompasiana: Membangun ‘Mimpi’
 
ID Kita Kompasiana - MOU: Tanggung Jawab Kami untuk Generasi Muda Indonesia
 
ID Kita Kompasiana : Bermula dari ‘Keluarga Cengengesan’ …..

13877779041185325007

Tags: ,

0 Responses to “Alangkah ‘Aman’nya jika Orang Tua Dapat Mengontrol Anaknya di Dunia Maya …”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks