Selasa, 05 Februari 2013

Bertemu dengan Mas Indra Lesmana: tentang Apps Store dan IDKita Remaja



By Christie Damayanti

13600347071136668494
Dokumen Pribadi

Sekali lagi, aku sekarang tidak mengejar idola siapapun. Tidak tahu, mungkin sejalan dengan umurku yang semakin banyak, sehingga aku hanya ingin berdiskusi tentang apapun, dengan siapaapun, dibandingkan hanya sekedar bertemu dengan seseorang, yang terkenal sekalipun …..

Desember 2012 lalu, aku sempat bertemu dengan mas Indra Lesmana di Kompas TV, ketika aku diminta berbicara di televisi itu berkenaan dengan Hari Ibu tahun lalu ( lihat tulisanku Talk Show Kompas TV di Hari Ibu 2012 : Ibu Jaman Sekarang Harus ‘Melek’ Teknologi ….. ). Program acara ‘Kompas Pagi’, urutan prtama adalah aku dengan bu Mariam dari Kominfo, setelah itu mas Indra Lesmana, untuk memperkenalkan sebuah program aplikasi untuk kegiatannya bermusik.

Kami sempat berbincang agak lama, ketika mas Indra suah selesai wawancara, di ruang istirahat.

Sepanjang yang aku tahu tentang mas Indra Lesmana, beliau memang bermusik sejak kecil, ketika ayahnya, Jack Lesmana mulai mengajarkannya untuk bermusik. Dan sekarang, mas Indra merupakan sosok yang fenomenal dalam musik jazz. Aku memang tidak terlalu suka dengan msik jazz, hanya beberapa lagu dari mas Indra yang aku suka. Light jazz. Sehingga aku tiak mengidolakan mas Indra, walau seperti cerita tentang Jokowi, aku tetap menghormati mas Indra sebagai sosok yang sangat peduli dengan musik jazz …..

Aku memperkenalkan diri, begitu juga dengan Valentino ( Valentino selalu mengantrku kemanapun aku pergi, terima kasih hun ….. ). Banyak mengobrol, walau aku tahu, mas Indra masih mengantuk dengan matanya yang merah dan sembab ( acara ‘Kompas Pagi’ mulai jam 5.30 dan aku selalu dijemput sekitar jam 5 pagi ). Tetapi mas Indra tetap melayani kami untuk pertanyaan2 tentang yang sedang mas Indra promosikan.

Album terbaru mas Indra adalah 11:11, dimana tanggal 11 November 2012, album ini sudah diluncurkan. Dan ternyata album ini juga dirilis  dengan tidak biasa. Maksudnya, baru mas Indra sendiri yang merilisnya dalam bentuk aplikasi, yang bisa diperoleh lewat App Store, sebuah wahana yang terdapat di iPad. Album ini juga dibuat dengan sangat inovatif, sehingga benar2 membuat aku terheran2, bagaimana iPad yang biasanya aku gunakan untuk menulis, bekerja, menggambar, ternyata juga bisa digunakan untuk memainkan alat musik sampai katanya proses merekam dan untuk mixing ……… waahhhh …… kereeeeeennnnn ……..

Mas Indra bercerita ketika dia mendapat gadget baru, sebuah iPad. Mas Indra coba2 aplikasi untuk musiknya dan dia menbahwa aplikasi iPadnya ternyata sangat mendukung untuk bermusik. Jadilah dia terus mencoba, sampai akhirnya dia memasarkan hasil karyanya lewat iPad, sebuah karya musik berkolaborasi dengan teknologi, yang menjadikan idenya satu2nya sekarang, di Indonesia untuk penggemar beratnya …..

Ketika kami bertemu Desember 2012 kemarin, baru ada 5 lagu yang dinyanyikan bersama putri terkasihnhya, Celia. Padahal cerita mas Indra, Celia sedang berada di Amerika, dan suara Celia direkam melalui Skype. Wow, menarik sekali!

13600347571392236258

Aku jadi teringat bahwa Skype sangat menunjang untuk kita merekam, mem-videokan bahka untuk video conference untuk penunjang bisnis. Antara 1 tempat ke tempat lain, bahkan antar negara, kita bisa saling berinteraksi melalui suara dan gambar, seperti yang aku tuliskan di ‘Skype Conference’: Menjembatani Antara Gedung Kompas dan Rumah Sakit Cikini.

Mas Indra Lesmana, sangat ramah dan dengan senang hati, dia mempersilahkan untuk kami bertanya macam2, bukan hanya bertanya tentng musik yang digelutinya, bahkan kami menanyakan, mungkinkan kami bertndang ke studionya untuk memperkenalkan IDKita Remaja untuk mereka bisa memanfaatkan musik sebagai kegiatan yang positif dalam dunia internet, seperti mas Indra Lesmana mampu menjadikan hasil karyanya yang sangat inspiratif. Dan mas Indra menyambutnya dengan baik konsep kegiatan IDKita Remaja …..

***

Itu Desember 2012 yang lalu. Sabtu kemarin, aku menghubungi mas Indra Lesmana lewat bbm, yang dia infokan kepadaku lewat sms bulan lalu. Mas Indra ramah menyambut sapaanku, dan kami sedikit berbincang tentang karyanya pada Apps iPadku. Ketika aku menyinggung tentang yang kami pernah tanyakan tentang IDKita Remaja untuk bertandang ke studionya, mas Indra pun menyambutnya dengan ramah. Walau dia sedang sibuk untuk mempersiapkan dan rekaman Java Jazz Festival, toh dia tetap menyambut konsep kegiatan IDKita Remaja. Bahkan mas Indra mempersilahkan, kapanpun aku ingin besilahturahmi dengannya lewat bbm, dia mempersilahkannya …..

Aku ingin memperkenalkan Apps iPad hasil karya mas Indra, kepada remaja2, terutama IDKita Remaja. Bukan hanya untuk mereka hanya membelinya, tetapi konsep kami adalah bertandang ke studio mas Indra Lesmana, lalu melihat2 apaa yang mereka kerjakan disana, bagaimana melakukan rekaman, mixing atau apapun disana, sampai terciptanya sebuah hasil karya yang luar biasa. Setelah itu, aku ingin remaja2 kami mencoba untuk melakukannya, untuk sebuah kegiatan positif dalam terapan teknologi. Dan hasilnya bisa di jadikan momen2 penuh kreatifitas remaja, bahkan bisa dijual …..

Karya mas Indra sendiri dalam Apps Store [ada iPad atau iPhone tersebut, bukan hanya 5 lagu barunya saja, tetapi akan terus ditambahkan, yang kata mas Indra akan ada 1 lagu setiap 1 bulan. Disamping itu, mas Indra juga memberikan fitur2 dan suara2 musik sera alat musik yang dipakainya, video kegiatannya, partitur lagu2 yang ada dalam not balok ( jarang lho, partitur lagu dalam not balok ), bahkan games2 yang aku yakin, remaja2 kami akan melotot melihatnya …..

13600347991350112805
Screenshot dari iPad-ku

Jika ingin melihat hasil karya mas Indra Lesmana yang luar biasa ini, bisa masuk ke Apps Stroke iPad atau iPhone, search Indra Lesmana, dan harganya hanya 39 ribu rupiah untuk selamanya, dengan update setiap ada perubahan. Sangat cantik, apik dan ciamik ….. sebuah karya musik berpadu dengan terapan teknologi karsya seorang anak bangsa, mas Indra Lesmana …..

***

Jadi, siapa yang tidak tertrik untuk terus ingin berdiskusi tentang musik serta terapannya bagi remaja2 kita untuk berkegiatan positif dalam berinternet yang sehat dan aman?

Hati kami pun berbunga2 dalam mempersiapkan untuk kolaborasi antara mas Indra Lesmana dan IDKita Remaja, segera ……


Tags:

0 Responses to “Bertemu dengan Mas Indra Lesmana: tentang Apps Store dan IDKita Remaja”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks