Selasa, 01 Februari 2011

Menemani Anak Autis untuk Menyongsong Masa Depan



By Christie Damayanti

Seorang sahabat sering bercerita tentang salah satu anaknya yg tertua, laki laki. Anaknya adalah ‘anak berbutuhan khusus’. Seorang anak autis, yg sangat luar biasa. Aku memang belum pernah bertemu dengan anaknya karena mereka tinggal di Yogyakarta. Tetapi, adalah hati seorang sahabat mempunyai tempat khusus di diriku, yg bisa membuat kita saling mengucap syukur, bahwa Tuhan benar2 luar biasa menemani keluarga ini dan anak ini khususnya, menyongsong masa depan yg penuh dengan harapan …..

1296569602186315857

Inilah kesaksian sahabatku :

“Saya seorang ayah, berusia 40 Tahun yang saat ini bermukim di Yogyakarta. Untuk bersaksi dan mengalami pengalaman mengenai autis sangat panjang ceritanya. Karena kami berdua (bersama isteri) telah menangani anak lelaki kami yang pertama selama hampir 15 Tahun dalam masalah autis.

Pada awalanya anak saya dari kecil sangat lincah, bahkan di usia 9 bulan senang bermain dan sering mengucapkan kalimat-kalimat yang hamper jelas untuk meminta sesuatu yang diinginkannya. Kontak mata tentu saja baik, karena senang bermain bersama.  Bahkan pada usia 1 Tahun 2 bulan, pernah memenangkan “bintang Bahasa Cinta” Johnson & Johnson Indonesia. Sebuah kebanggan bagi keluarga kami, karena dia adalah putra pertama sekaligus cucu pertama dari keluarga saya. 

Namun tidak terduga pada usia 2 Tahun kami melihat perubahan yang cukup drastis dari perilakunya, seperti ciri-ciri seorang autis. Dan kami mulai berkonsultasi dengan pakar  Psikologi Anak. Dan setelah beberapa kali melakukan observasi, anak kami divonis membawa sifat autis yang saat ini semakin diperbincangkan orang.

Dalam  keluarga saya maupun istri, tidak satupun yang mengalami gejala ini sebelumnya, dan boleh dikata, tidak satupun yang mengindap autis. 

Sejak di vonis membawa sifat autis, keluarga kami sangat terpukul dan membuat kami sangat frustrasi. Kami tidak mau menyerah, banyak buku, seminar, konsultasi yang melelahkan telah kami lakukan. Salah satunya adanya kemungkinan penyebabnya dari imunisasi MMR yang terus menerus masih diperdebadkan”.

Sahabatku bercerita dengan sepenuh hari. Buat aku, ini benar2 luar biasa! Kalau aku mempunyai seorang anak ber’kebutuhan khusus’, apakah aku sanggup ‘menjalankannya?’. Apakah aku sanggup menemaninya? Dan apakah aku sanggup membuat dia menyongsong masa depannya dengan bulat tekad? Rasa2nya aku tidak akan sanggup …..

Autisme adalah gangguan perkembangan yang sangat kompleks pada anak, yang gejalanya sudah timbul sebelum anak itu mencapai usia tiga tahun.Penyebab autis adalah gangguan neurobiologis yang mempengaruhi  fungsi otak sedemikian rupa sehingga anak tidak mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan dunia luar secara efektif.

129656965910139149 

Kata autisme berasal dari kata “autos”yang dalam bahasa Yunani berarti “diri”, yang mana dalam arti kata seorang anak dengan gangguan spektrum autism sering diibaratkan sebagai seorang anak yang hidup dalam dunianya sendiri.

Anak autistik juga mengalami kesulitan dalam memahami bahasa dan berkomunikasi secara verbal. Disamping itu seringkali (perilaku stimulasi diri) seperti berputar-putar, mengepak-ngepakan tangan seperti sayap, berjalan berjinjit dan lain sebagainya.

Gejala autisme sangat bervariasi. Sebagian anak berperilaku hiperaktif dan agresif atau menyakiti diri, tapi ada pula yang pasif. Mereka cenderung sangat sulit mengendalikan emosinya dan sering tempertantrum (menangis dan mengamuk). Kadang-kadang mereka menangis, tertawa atau marah-marah tanpa sebab yang jelas. Selain berbeda dalam jenis gejalanya, intensitas gejala autisme juga berbeda-beda, dari sangat ringan sampai sangat berat.

Oleh karena banyaknya perbedaan-perbedaan tersebut di antara masing-masing individu, maka saat ini gangguan perkembangan ini lebih sering dikenal sebagai Autistic Spectrum Disorder (ASD) atau Gangguan Spektrum Autistik (GSA).

Setiap anak selalu berbeda-beda, namun seseorang dengan ASD mempunyai 3 karakteristik sebagai berikut:
  • Kesulitan untuk berkomunikasi sosial.

  • Kesulitan untuk interaksi sosial.

  • Kelemahan imajinasi.

  • Mempunyai perilaku hidup di dunia sendiri.
Meskipun demikian, banyak sekali didapati anak-anak dengan autism mempunyai salah satu kekuatan dalam :
  • Daya ingat yang kuat, seperti: mengingat foto, angka atau hal lain.

  • Keahlian dalam komputer, musik dan menggambar, dll
Autisme dapat terjadi pada siapa saja, tanpa membedakan warna kulit, status sosial ekonomi maupun pendidikan seseorang.
 
Prevalensi autisme menigkat dengan sangat mengkhawatirkan dari tahun ke tahun. Menurut Autism Research Institute di San Diego, jumlah individu autistik pada tahun 1987 diperkirakan 1:5000 anak. Jumlah ini meningkat dengan sangat pesat dan pada tahun 2005 sudah menjadi 1:160 anak. Di Indonesia belum ada data yang akurat oleh karena belum ada pusat registrasi untuk autisme. Namun diperkirakan angka di Indonesia pun mendekati angka di atas. Autisme lebih banyak terjadi pada pria daripada wanita, dengan perbandingan 4:1

Deteksi Dini Autisme 

Bila gejala autisme dapat dideteksi sejak dini dan kemudian dilakukan penanganan yang tepat dan intensif, kita dapat membantu anak autis untuk berkembang secara optimal.Untuk dapat mengetahui gejala autisme sejak dini, telah dikembangkan suatu checklist yang dinamakan M-CHAT (Modified Checklist for Autism in Toddlers). Berikut adalah pertanyaan penting bagi orangtua:1.       Apakah anak anda tertarik pada anak-anak lain?2.       Apakah anak anda dapat menunjuk untuk memberitahu ketertarikannya pada sesuatu?3.        Apakah anak anda pernah membawa suatu benda untuk diperlihatkan pada orangtua?4.       Apakah anak anda dapat meniru tingkah laku anda?5.        Apakah anak anda berespon bila dipanggil namanya?6.       Bila anda menunjuk mainan dari jarak jauh, apakah anak anda akan melihat ke arah mainan tersebut?
129656933870944962
Apakah seorang anak tertarik untuk bermain dengan anak2 lain?
Apakah seorang anak tertarik untuk bermain dengan anak2 lain?
Bila jawaban anda TIDAK pada 2 pertanyaan atau lebih, maka anda sebaiknya berkonsultasi dengan profesional yang ahli dalam perkembangan anak dan mendalami bidang autisme.
Sering sahabatku menceritakan, “Bagaimana menemani dan menapaki masa depanya”. Banyak referensi untuk itu, memang membuat sahabatku lebih kuat dan siap. Dan ternyata selama 15 tahun bersama2 anak2 tersebut, sahabatku membuat suatu metoda, untuk mengoptimalkan ‘terapi’nya.
Proses pengobatan maupun terapi khusus selalu mereka lakukan, tetapi ternyata hasilnya tidak menunjukkan perkembangan selama 2 tahun pertama. Materi  dan mental untuk pengobatan buah hati mereka membuat mereka hamper putus asa dan stress berkepanjangan.
Tetapi Tuhan memang selalu luar biasa. Tuhan tidak pernah menguji dimana kita tidak sanggup menjalankannya. Doa dan dorongan dari semua orang2 yg mencintai mereka, ternyata membuat mereka terus melakukan proses pengobatan dan terapi pada buah hati mereka, sampai saat ini. Adik2nya tidak bermasalah dengan kakaknya yg mengidap autis. Dan ternyata, adik2nya menunjukkan kecerdasan diatas rata2 seusia mereka! Ternyata, Tuhan memang luar biasa!. ‘Dihadiahkan’ adik2 mereka yg begitu menyayangi kakaknya dan mempunyai kepintaran yg membuat orang tuanya sangat bersyukur. Dan memang semua yg telah ditetapkan Tuhan pasti indah dan baik adanya …..
























Metoda terapi yg dilakukan sahabatku inilah yg membuat anak yg luar biasa ini selalu bersyukur mempunyai orang tua seperti mereka : 

1. Jangan Pernah Malu dan Menyerah
Hal pertama adalah jangan pernah menyerah dan merasa malu memiliki anak seorang autis. Hal ini merupakan modal utama didalam menangani anak penderita autis.  Mereka setia merawat anak kami selama hampir 16 Tahun tanpa menyerah sekalipun.

2. Tetapkan Hanya Satu Pakar Psikologi Anak yang dipercaya
Cari lah seorang pakar psikologi anak yang juga mengenal betul masalah autis. Kadang keluarga yang memiliki anak pembawa sifat autis, terlalu cepat putus asa dan banyak berpindah-pindah ahli psikologi anak.  Akibatnya, hasil observasi kemungkinan akan berbeda juga penanganannya. Hal ini akan membuat anda akan lebih bingung dan frustrasi.

3. Pengobatan Secara Teratur
Disamping konsultasi dan terapi, tahap awal penanganan autis adalah dengan pengobatan yang teratur. Jangan terpengaruh dengan berbagai obat-obatan alternative atau sering berganti-ganti dokter akhli saraf. Tetapkan satu pilihan, dan jalankan pengobatan terus menerus selama 2 tahun pertama. Dalam tahap ini diet makanan perlu diperhatikan, yang tidak boleh dikonsumsi oleh anak autis. Tentukan jadwal konsultasi bersama dokter saraf yang anda pilih tersebut, karena dosis obat akan diturunkan bahkan jarak waktu konsumsi obat semakin lama di turunkan. Hingga si anak tidak perlu lagi mengkonsumsi obat tersebut

4. Menentukan Pendidikan Anak Yang Tepat
Tidak mudah memasukan anak pembawa sifat autis melalui sekolah formal atau bahkan sekolah khusus anak cacat mental. Karena mereka berbeda, anak pengindap autis bukanlah anak cacat mental. Tetapkan itu dalam hati dan pikiran anda.  

Langkah pendidikan anak yang kami tempuh adalah :
 
12965697671511845303
a.       Dalam masa pengobatan (2 tahun pertama penanganan medis) mereka tidak memasukan anak mereka pada sekolah khusus autis, namun mereka mencari terapis dan beberapa mahasiswa psikologi anak untuk mengajarkan buah hati mereka di rumah. Yang perlu dicatat, bahwa keterlibatan orang tua juga di perlukan. 

Apa yang diajarkan pertama kali untuk anak autis dalam masa dua tahun pertama ?

1)      Mengajarkan mana yang baik dan benar. Beritahu mereka secara baik, mengenal etika baik dan benar, minimal didalam rumah.

2)      Berusaha berlatih untuk kontak mata dan mengajaknya bercerita. Pada tahap ini jangan terlalu dipaksakan apalagi putus asa, karena memang anak autis akan sulit menerima instruksi kita dan menghindar untuk kontak mata.

b.      Pada tahun ke 3 (atau di usia 5 tahun)  banyak pilihan, namun sekali lagi tentukan satu saja dan jangan berpindah-pindah. Yang pasti, perlu melakukan survey untuk menentukan pilihan. Pada sekolah ini, anak  akan diajarkan dasar bersosialisasi dan beberapa metode ajar untuk mengenal nama-nama barang dan benda, dan berlatih mengucapkannya dengan benar.  Biasanya sekolah anak autis hanya beberapa jam saja, maksimal 3 - 4 jam per hari (seminggu maksimal 4 hari sekolah). Jangan dipaksakan waktu yang lebih lama.

c.       Setelah satu tahun masuk sekolah khusus autis, mereka kembali mendatangkan guru khusus (tentunya dari bidang psikologi anak) untuk mengajarkan anak kami mengenal huruf dan berlatih membaca. Pada fase ini, mereka lakukan selama 2 tahun dengan sabar. Adapun jadwal belajar diatur secara rutin, disamping mengajarkannya tentang disiplin waktu, anak tersebut  juga akan mengetahui perlunya waktu belajar di rumah. Jadwal kedatangan guru khusus ini 3 kali seminggu dan meningkat 4 kali seminggu ditahun ke 5 pengobatan (atau di usia 7 tahun). Alhasil dia dapat membaca dengan baik dan mulai belajar menulis

d.      Pertahankan anak disekolah autis yang sama dengan metode ajar sesuai perkembangan anak. Jangan lupa untuk memantau hasil perkembangannya. Biasanya di tahun ke 6 masa pengobatan dan terapi (atau di usia 8 tahun), anak mulai diajarkan untuk menulis dan masih tetap mempertahankan hidup bersosialisasi dengan teman dan lingkungannya. Hal ini perlu karena si anak  perlu mencapai tingkat kemandiriaan untuk melanjutkan hidupnya tanpa tergantung pada orang lain disaat kita sudah memasuki usia tua atau bahkan sudah tidak lagi bersama mereka (meninggal)

e.      Di usia 10 Tahun atau masa pengobatan tahun ke 8, di rumah mereka mulai mengajarkan dia dengan musik, computer, dan hobby renangnya. Di usia 10 Tahun ini, dia tetap masih bersekolah di tempat yang sama, dengan hasil perkembangan yang luar biasa. Dapat berkomunikasi, membaca, menulis bahkan bersosialisasi dengan lingkungan dengan baik. Banyak sifat-sifat autis mulai hilang.

f.        Pada usia 10 Tahun hingga usia 17 Tahun saat ini, mereka masih menyekolahkan dia di sekolah yang sama namun dengan metode belajar yang sudah mengarah pada peningkatan kemampuan, mengenal hal biologis /sex, menggali lebih dalam kelebihannya, menyalurkan hobby dan bakat secara baik dan aman dan sebagainya. Hasilnyapun sangat diluar dugaan. Semua berjalan lancar.

5. Berikan Perhatian dan Kasih Sayang Yang Tepat
Kenapa aku menekankan pada kata “yang tepat”, karena semakin bertambah usianya, kita harus mengajarkan dia untuk lebih mandiri dan tidak tergantung pada siapapun termasuk orang tuanya. Misalnya untuk hal-hal sederhana, membuat minum bahkan memasak. Dan perlu di ketahui, anak mereka hobbynya banyak sekali. Termasuk memasak, masakannyapun dapat dinikmati dengan lezat dengan ramuan yang dia baca melalui internet bahkan buku yang dibacanya.

1296570233429341335 

Ajaklah dia secara rutin dalam berdsikusi tentang film, artikel, buku bahkan kasus-kasus lain yang dia ingin tahu. Berikan penjelasan yang sederhana dan tepat dan benar, karena kelebihan anak autis adalah daya ingat yang cukup kuat diatas rata-rata anak biasa.

6. Berikan Kegiatan Rutin Untuk Bersosialisasi di Luar Rumah
Seorang anak, biasanya  tentu bukan anak rumahan, dia perlu mengenal lingkungannya. Ajaklah dia dalam perkumpulan keluarga atau kegiatan agama. Bertamasya, dan kegiatan lainnya untuk mengenal lingkungannya dengan luas. Buatlah kegiatan ini menjadi rutin namun perhatikan kejenuhan yang dia tunjukan.

12965699401125791701 

Ternyata, seorang anak autis / berkebutuhan khusus, memang memerlukan penanganan bukan dalam jangka waktu pendek. Sahabatku sering mengatakan, bahwa : “Kesabaran kita sedang diuji oeh Tuhan”. Tuntutan waktu dan biaya tidak sedikit. Tetapi, tetap jangan pernah putus asa!

Aku selalu memikirkan tentang anak sahabatku itu. Sering aku bertanya, gimana kalau sudah tidak bisa menghasilkan uang lagi? Dia mengatakan : “Aku tidak pernah kawatir, karena Tuhan mengerti apa yg kami butuhkan. Dan Tuhan benar2 mengasihi kami. Kami melakukan ini dengan sabar dan selalu mengucap syukur …..”

Sahabatku,

Ada beberapa orang pintar dan super pintar di dunia. Doaku, Tuhan akan membuat masa depan yg penuh harapan untuk anak kalian. Karena, rencana Nya tidak mencelakakan umatnya, tetapi merancangkan damai sejahtera …..

“Jangan pernah menyerah dan malu memiliki anak Autis, karena Tuhan tidak akan membiarkan anak yang dititipkanNya kepada kita menjadi sia-sia …..”

12965696211004000101 

Sebuah catatan :

FAKTA ATAU BUKAN  SEORANG AUTIS ?

Psikiater menyebut banyak figur penting di bidang ilmu pengetahuan, politik maupun seni menggapai kesuksesan karena mereka mengidap penyakit autisme.
Michael Fitzgerald, profesor psikiatri di Trinity College Dublin mengungkapkan bahwa karakteristik yang berkaitan dengan Autism Spectrum Disorders (ASDs) memiliki kesamaan dengan unsur pendukung kreativitas jenius.

Prof Fitzgerald menyebutkan Isaac Newton, Albert Einstein, George Orwell, H.G Wells dan Ludwig Wittgenstein sebagai contoh beberapa individu brilian terkenal dan menunjukkan ciri ASD termasuk Asperger syndrome. Tidak hanya itu, Beethoven, Mozart, Hans Christian Andersen dan Immanuel Kant juga didiagnosis Asperger.

“Kelainan psikiatri juga dapat memiliki dimensi yang positif. Saya percaya gen autisme atau asperger serta kreativitas pada dasarnya sama. Kita tidak mengetahui gen mereka secara pasti dan berapa banyak, namun kita bebicara soal gen ganda. Setiap kasus begitu unik karena setiap orang memiliki tingkat gen yang terlibat berbeda-beda,” ujar Prof Fitzgerald.

Fitzgerald seperti dikutip dari Telegraph juga menyebutkan bahwa gen ini menyebabkan seseorang memiliki fokus yang tinggi, tidak cocok dengan sistem sekolah dan seringkali kesulitan menjalin hubungan sosial dan kontak mata.

Mereka juga cenderung paranoid dan bertentangan dengan orang lain, serta memiliki moral dan etika yang tinggi.

“Mereka mampu bertahan dalam topik tertentu selama 20 hingga 30 tahun tanpa terganggu dengan pikiran orang lain. Mereka dapat menghasilkan sesuatu dalam satu jangka waktu sebanding dengan pekerjaan tiga hingga empat orang,” ujar psikiater ini.

Sifat-sifat seperti kebutuhan akan dominasi serta kontrol merupakan kunci kesuksesan dari Charles de Gaulle yang terkenal dengan ucapannnya I am France, mantan presiden AS Thomas Jefferson dan Enoch Powell. Contoh lain, ujar Fitzgerald, penulis fiksi ilmiah H.G Wells yang digambarkan psikiater tersebut sebagai antisosial, pengontrol, kesepian dan ketidakdewasaan emosional.

Prof Fitzgerald menyampaikan kesimpulannya setelah membandingkan karakteristik sekitar 1600 orang yang didiagnosa memiliki ASD dan orang terkenal. Dia menyebutkan bahwa ahli filosofi asal Austria, Ludwig Wittgenstein menampilkan berbagai pengidap Asperger mampu bekerja dalam jangka waktu yang lama menyngkut topik tertentu, tanpa menghiraukan sudut pandang orang lain.

Isaac Newton misalnya, dikenal bekerja tanpa henti selama 3 hari tanpa peduli siang malam, dan sering lupa makan. Tidak hanya itu, Einstein sendiri merumuskan sesuatu di ruang pribadinya karena ia terlalu ‘mengganggu’ untuk mendapatkan pekerjaan di universitas.

Buku Prof Fitzferald berjudul Genius Genes: How Asperger Talents Changed the World telah dipublikasikan akhir tahun lalu. Diperkirakan penderita ASD mencapai sekitar 60 hingga 120 kasus setiap 10 ribu orang.

Amanda Batten dari National Autistic Society mengatakan, “Penting untuk menghindari labelisasi seseorang yang mengidap autisme sebagai orang jenius atau apapun, karena setiap orang memiliki karakteristik individu dengan kekuatan dan kebutuhan tersendiri.  Namun siapa tahu anak anda yang mengindap autis memiliki kecendrungan ASD seperti para orang terkenal di atas.

Diambil dari :
-          Pengalaman sahabatku dan berbagai sumber
-          Gambar dari www.google.com

Tags: ,

0 Responses to “Menemani Anak Autis untuk Menyongsong Masa Depan”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks