Senin, 18 November 2013

Presentasi Perdana Michelle, yang [Sekarang Tidak] Pemalu…



By Christie Damayanti

1384766764407018074
Gaya Michelle yang ( masih ) malu2, tetapi aku yakin dia akan belajar dengan cepat!

Michelle, anakku yang pernah divonis akan menjadi tuna rungu, menjadi Duta Internet Sehat! Puji Tuhan ( lihat tulisanku Sangat Menyakitkan Ketia Anak Kita Mempunyai Beberapa ‘Keterbatasan’ ) …..

Setelah Michelle menjadi salah satu finalis dari 20 remaja seluruh Indonesia ( lihat tulisanku Taraaaaaa ….. Terpilihlah Sudah ‘Duta Internet Sehat dan Aman’ Nasional 2013 ), beberapa hari kemudian, dia diminta oleh Suster Kepala ( Kepala Sekolah SMP Santa Maria Fatima ) untuk berbicara tentang ‘Internet Sehat dan Aman’ didepan semua teman2nya, guru2nya dan Suster kepala sendiri di aula sekolahnya, pada tanggal 12 November 2013 yang lalu.

Betapa banggaku! Sungguh! Merinding tubuhku, ketika Wakil Kepala Sekolahnya, Bu Titik mengabarkan kegiatan tersebut lewat SMS. Padahal, Michelle sendiri diam2 saja. Ya, memang Michelle sangat pemalu! Dia sangat pintar tetapi sangat pemalu dan tidak percay diri …..

Seperti tulisanku Sebuah Catatan Membanggakan Dari Penulis Terkenal untuk Michelle, anakku ….., bahwa Michelle diam2 ingin mengikuti aku, mamanya. Dia ingin menjadi seorang arsitek seperti aku, dia cinta binatang seperti aku, bahkan dia ternyata bisa meneruskan kegiatanku ( SEMOGA ) sebagai penulis dan sosialisasi ‘Internet Sehat dan Aman’, bersama dengan teman2nya sebagai finalis Duta Insan.

Ketika 3 hari di gembleng di Cico Resort Bogor yang di karantina untuk menjadi Duta Nasional 2013 kemarin, Michelle sudah bnyak berubah. Dengan ke-kenes-an seorang remaja putri seperti Michelle, dia mampu membangggakan aku sebagai mamaya, mamaku sebagai eyangnya, Dennis sebagai kakaknya bahkan seluruh sekolahnya! Sayang, papa sudah tiada. Jika tidak, papa padti sangat bangga juga! Cucu dari aku, putri terkasihnya, menjadi seorang yang membanggakan …..

Setelah aku bertanya2 pada Michelle tentang kegiatan disekolahnya, barulah dia bercerita, walau tetap aku terus mencecar, karena dia itu jika ditanya, akan dijawab sekedarnnya, bukan seperti aku, yang menjawab 100x lebih banyak dari yang ditanyakan, hihihi ……

1384766819796114522
Suster Afrida, Suster Kepala SMP Santa Maria Fatima

Tetapi jika aku bertanya2 terus, sesuai dengan apa yang aku ingin tahu, dia akan dengan lancar bercerita. Dia diminta oleh Suster Kepala untuk berbicara di depan semua teman2nya dari kelas 1 sampai kelas 3, di depan guru2nya dan didepan Suster Kepala. Bertiga dengan 2 orang sahabatnya ( Nathasa dan Firlen, yang bersama mendaftar menjadi calon Dua Insan Nasional 2013 lalu ), bergantian masing2 berbicara sesuai dengan teman yang dituliskan pada artikel2 wajibnya, salah satu cara menyeleksi remaja2 dari seluruh Indonesia yang mendaftar.

13847668782124300790

Lama kelamaan, gayanya lebih rileks dan mulai tegap berdiri dan tagannya sudah sejajar dengan tubuhnya ……

Kata Michelle :

“Pertama kali Suster Afrida yang berbicara, terus diminta kita bertiga maju, untuk berbcara tentang tema masing2″.

“Terus?”, kataku.

“Aku bicara pertama. Tentang kegiatan Duta Insan di Bogor. Seperti reportase. Juga bicara tentang tugas2 sebagai Duta Insan Nasional 2013. Yah, tapi hanya yang aku tahu aja”.

“Terus?”, kejarku lagi.

“Terus Firlen bicara tentang pornografi. Lalu Nathasa bicara tentang sexting”, jawab Michelle.

“Memang kalian semua bicara bicara tanpa gamang? Tanpa ragu dan malu?”, tanyaku.

“Aku sih ga papa, ma. Biasa saja tuh! ( wah, sudah mulai percaya diri ). Tetapi teman2ku agak gagap. Ada yang tiba2 berhenti sampai lama, sehingga bu guru Airen yang mem-video-kan kami, sampai terhenti ….. “

“Setelah Itu, aku bicara lagi tentang Kecanduan Internet, tema artikelku yang dipuji oleh pak Khrisna Pabichara itu lhoooo …..”

Lalu dia bercerita setelah selesai, dia diminta berdiri di tengah2 lapangan untuk difoto bersama Piaam Penghargaannya. Dan hatiku terus menerus berbunga serta tubuhku terus merinding mendengarkan cerita yang membanggakanku …… Puji Tuhan ……

13847669381607924089
Michelle, salah satu anakku, kebanggaanku …..
***

Betapa Tuhan sangat mencintaiku. Dan betapa bangganya aku! Mungkin aku terlihat narsis dengan membanggakan anakku sendiri, mungkin begitu ya? Tetapi masa bodoh amat! Aku tidak merugikan siapa2, bukan? Dan Michelle adalah anakku sendiri. Dan yang membanggakan adalah aku, ibunya sendiri …..

Dan inilah presentasi perdana Michelle, sebagai Duta Insan 2013, di sekolahnya sendiri. Dan aku sangat yakin, bahwa dia akan terus mengikuti jejakku untuk berbicara kepada remaja2 Indonesia tentang sebuah dunia yang sering kali menjadikan remaja2 terpuruk karena tidak mengetahui, bahwa semuanya harus sesuai dengan tatanan sosial masyarakat yang hakiki ……

Dari aku,

Seorang mama yang terus berbangga …..

Tags: ,

0 Responses to “Presentasi Perdana Michelle, yang [Sekarang Tidak] Pemalu…”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks