Kamis, 24 Oktober 2013

Aku Keguguran …..



By Christie Damayanti

1382599420492455853
ihwan.wordpress.com



Medio Februari 1995

Sekitar 3 bulan setelah pernikahanku Desember 1994 lalu, aku hamil. Kami sangat bahagia. Fisikku segar, tubuhku sehat, dan ditunjang dengan vitamin2 serta cek ke dokter kandungan secara rutin. Dan aku menyandang gelar sebagai seorang calon ibu yang sangat berbahagia …..

***

Medio Maret 1995

Waktu itu pun, kami baru pindah ke rumah kami, di Klender, sekitar 13 km dari rumah orang tuaku, sebelah timur dari Tebet. Dan aku sudah membawa mobilku sendiri, sebagai eksekutif muda yang bekerja sebagai arsitek muda di sebuah developer besar di daerah Mega Kuningan, sekarang.

Suatu hari, sekitar bulan Maret tahun 1994, pagi hari dari rumahku ke Mega Kuningan, sangat macet! Yang membuat aku terlambat ke kantor. Dari rumahku di Klender, aku berangkat jam 7.00 pagi. Biasanya sampai kantorku sekitar jam 8.00. Tetapi waktu itu, aku sampai kantor sekitar jam 10.30, sehingga aku sagat stres. Keringat dingin membasahi tubuhku, karena waktu itu hari Senin, dan aku harus mempresentasikan pekerjaanku di hadapan boss ku, seorang ‘expatriate’ dari Inggris. Sungguh, aku stres yang membuat aku bolak balik harus ke toilet, walau bossku tidak marah …..

Ketika setelah bolak balik ke toilet, yang kesekian kalinya aku mendapatkan celana dalamku terdapat bercak2 darah. Ya, noda2 darah segar, walau hanya sedikit, tetapi membuat aku bertambah stres, sehingga aku langsung meminta izin untuk pulang ke rumah orang tuaku di Tebet untuk beristirahat.

Begitu mamaku tahu dengan keadaanku, beliau memintaku segera ke dokter untuk memeriksakan bercak2 darah, karena yang kami tahu, kandunganku bermasalah ….. Segera aku ke dokter, dan diperiksa. Hasilnya adalah, kandunganku memang sedikit bermasalah. Mungkin stres lah yang menjadi salah satu yang meyebabkannya. Aku pendarahan, yang pertama kalinya …..

Beberapa hari setelah itu aku harus beristirahat di rumah sampai pendarahannya berhenti sambil diberi vitamin2 untuk memperkuat kandungan. Dan setelah itu, setelah bercak2 darahnya berhenti aku bisa mulai bekeja lagi, dan aku tetap harus berhati2 untuk jangan stres lagi.

2 minggu kemudian, pendarahan itu terjadi lagi. Bahkan lebih banyak dari yang pertama sehingga aku harus dilarikan ke rumah sakit untuk bed-rest dan di infus. Aku bingung. Aku takut. Aku belum berpengalaman apa2, baru saja menikah serta baru saja hamil yang pertama, sehingga aku semakin stres. Manusiawi. Walau tetap orang tuaku tetap meminta aku berdoa pada Tuhan, tetapi aku tetap saja stres. Sehingga dalam beberapa hari di rumah sakit, aku keguguran …..

Aku keguguran anakku yang pertama. Sumber kebagaiaanku yang utama sudah hilang, dan membuat aku bertambah stres. Sedih dan sedikit takut. Ada apa denganku? Katanya, aku sehat dan fisikku menunjang. Tetapi mengapa aku kegguran? Ada apa dengan fisikku? Ada apa dengan kesehatanku?

Dokter kandunganku pun sangat heran, apa yang terjadi denganku, sehingga begitu aku cek ke dokter lagi, beliau, Dr Eriyono Wiyono almarhun meminta aku mencari ‘2nd opinion’ kepada rumah sakit yang lain. Dan ditunjuklah ke RSCM serta klinik YPK di Menteng. Karena katanya baru hanya di RSCM dan YPK yang mempunyai alat2 lebih canggih. Itu memang baru tahun 1995, baru beberapa rumah sakit saja yang mempunyai alat2 super canggih.

Seminggu kemudian, barulah ketahuan bahwa di sisi luar rahimku ( uterus ), terdapat 2 jaringan ikat yang katanya disebut myoma, masing2 berdiameter 11 cm yang terdapat dekat2 ginjalku. Berarti besarnya 2 x 11 cm = 22 cm. Pantesan, alat USG di rumah sakit tempat aku berobat tidak bisa mendeteksinya, walau dimensinya sangat besar di dalah tubuhku. Karena untuk mendeteksinya, USG itu bukan lewat sisi luar tubuhku tetapi justru sisi dalam tubuhku …..

Bayangkan! 2 buah myoma besar sudah berada di dalam tubuhku, yang kata Dr Eriyono, myoma itu sudah ‘tua’. Artinya, myoma itu berada di sisi luar rahimku dari aku masih kecil. Pantesan saja, duu perutku agak besar, sementara perut teman2ku sangat langsing, tetapi mana aku mengerti? Tida pernah berpikir tentang hal2 itu, termasuk juga mamaku …..

Ya sudah ….. aku tetap menerima dengan ucapan syukur bahwa apapun yang terjadi dalam tubuhku ini, aku berserah kepada Tuhan …..

***

Aku sudah mulai bekerja lagi setelah aku menghilangkan sisa2 stres ku setelah keguguran. Dan dokter juga memintaku untuk terus berserah, jangan takut dan jangan stres. Tetap sehat dan aku harus menjalankan terapi agar myomaku tidak bertambah besar. Dan juga untuk aku bisa merawat rahimku dalam penantian seorang janin lagi, suatu saat …..

Sekilas tentang myoma yang menyerang rahimku :

( catatanku waktu itu di ruang Dr Eriyono )

Myoma adalah sebuah tumor jinak. Biasanya terdapat di daerah rahim, otot rahim dan jaringan ikat disekitarnya. Otot rahim atau uteru adalah yang memang memegang peranan dalam pembentukkan tumor ini.

Keluhannya antara lain ( seperti aku ) :

1.       Pendarahan abnormal dan nyeri
Ya, sejak pertama kali aku mendapat menstruasi, pendaharahanku sangat tidak teratur dan jika terjadi aku harus diberi obat karena sunggung, perutku sangat sakit dan seharian aku tidak bisa berbuat apa2, sampai 1 minggu kemudian setelah menstruasiku berhenti.

2.       Gangguan kencing jika myoma menekan kandung kencing
Ya, karena myomaku terdapat di bagian belakang rahimku, dekat ginjal dan menekan kandung kemih, aku memang mengalami ‘beser’, sering kencing dan juga sering ‘anyang-anyangan’.

3.       Keguguran jika myoma tetap ada di rahim
Ya, aku sudah keguguran. Walau myoma itu tetap ada di rahimku, dokter akan menjagaku. Karena myoma itu sangat lengket ke rahimku sehingga jika di bedah, rahimku akan rusak dan aku tidak akan bisa hamil lagi.

4.       Infertilitas ( susah hamil )
Ya, justru dokterku sudah menyarankan bahwa jika ingin hamil lagi, aku harus di terapi untuk menjaga kandunganku dari ’serangan’ myoma.

Aku terus melakukan terapi untuk bisa hamil lagi, dan Tuhan akan menjagaku lewat Dr Eriyono …..

Catatan :

Dari buku-ku ke-3 : “Ketika Tuhan Masih Memberikan Aku Hidup”

13826002391670754403

Tags: ,

0 Responses to “Aku Keguguran …..”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks