Rabu, 08 Mei 2013

‘IDKita Kompasiana’ di Mataku: Refleksi 1 Tahun



By Christie Damayanti


13679861361248580930
Dokumen Pribadi

Hari ini taggal 8 Mei 2013, pas 1 tahun gerakan IDKita Kompasiana. Agak heran kemarin ketika sempat aku mengobrol dengan Valentino,

“Koq cepat sekali ya? Ga berasa, tahu2 IDKita Kompasiana sudah 1 tahun”

Ketika kita melakukan kegiatan yang kita senangi dan mimpi2 kita ada disana, kita merasakan semua cepat sekali! Tetapi ketika kita melakukan yang kita tidak sukai, sepertinya 1 hari seperti 1 tahun!

Begitu juga kegiatan IDKita Kompasiana. Aku melakukan kegiatan di komunitas ini merupakan pelayananku untuk Tuhan melewati ‘Internet Sehat dan Aman’ untuk anak bangsa. Aku ingin terus berbagi untuk mereka. Setiap ada kegiatan atau event, baik yang terkecil seperti bertemu dan sosialisasi dengan sekolah di pelosok sana, atau juga event besar seperti yang kami lakukan di Hari Ibu Nasional 2012 lalu, aku sangat excited untuk melakukannya!

Tidak peduli dengan kondisiku yang dalam keterbatasan. Tidak peduli dengan materi yang hanya sedikit yang aku punya, dan sangat selektif jika aku harus ijin dari pekerjaanku untuk melakukannya, aku tetap berkegiatan dengan senang. Persiapan2 untuk kegiatan itu pun aku lakukan dengan gembira. Misalnya adanya goody-bag atau pengaturan mobil untuk kesana. Tim IDKita Kompasiana selalu meeting di rumahku yang nemang menjadi basis kegiatan. Sering juga sampai malam untuk kegiatan esok paginya.

Keluargaku sangat mendukung, apalagi papaku yang diminta sebagai penasehat IDKita Kompasiana. Sejak awal papa selalu menemaniku, sampai ketika papa berpulang. Bahkan ketika IDKita Kompasiana beraudiensi dengan pejabat2 pemerintahan, papa selalu duduk disisiku untuk juga berdiskusi. Bahkan ketika buku IDKita Kompasiana yang berjudul “Bukan Orang Tua Gaptek” terbit, buku ini mampu tersebar di seluruh propinsi Indonesia ( 34 propinsi ), karena buku ini dibagikan kepada Ketua PKK di Hari Ibu Nasional 2012 kemarin.

13679862251230270368

Sebuah komunitas bukan hanya melibatkan 1 atau 2 orang saja, apalagi IDKita Kompasiana memang ‘terlanjur’ ingin memberikan pelayanan untuk anak bangsa. Sering juga permasalahan internal menjadikan beberapa anggota mundur teratur, walau IDKita Kompasiana ini memang terbuka, bahwa jika memang ingin bergabung silahkan saja, tetap jika bosan atau tidak cocok dengan misinya, silahkan mengundurkan diri. 

Karena harus disadari, bahwa kegiatan ini benar2 untuk pelayanan, tidak mencari profit dan tidak mencari nama. Bahkan jika perlu kita ‘nombok’ untuk kegiatan kita, walau terus diusahakan untuk adanya sponsor.

Untukku, IDKita Kompasiana merupakan salah satu ‘media mimpi’ ku. Untukku, IDKita Kompasiana juga salah satu tujuan hidupku, yaitu keinginanku untuk berbagi dan melayani bagi Tuhan lewat anak2 bangsa. Membahas tentang mimpi, aku memang banyak sekali bermimpi, sejak kecil, bahkan sampai sekarang. 

Mimpiku mungkin menurut banyak orang agak sedikit lebay atau terlalu bombastis. Apalagi mimpiku selalu berkaitan dengan masa depanku untuk yang aku inginkan. Tetapi, sebagian besar mimpiku sejak kecil, mampu aku raih, walau beberapa mimpiku masih swkedar mimpi. Paling tidak, aku selalu berusaha untuk mimpi2ku tercapai ……

Begitu juga tentang mimpiku tentang IDKita Kompasiana. Aku ingin anak2 bangsa, atau paling tidak anak2ku serta handai taulan, bisa memilih yang terbaik untuk masa depan mereka, dengan berkreasi di internet. Karena jika ada yang sering baca bahwa kekawatiranku tentang internet sudah sangat tinggi dan aku tidak mau, mereka ‘terseret’ di pusaran dunia maya yang sangat mengerikan! Karena pada dasarnya, internet merupakan awal dari ‘jendela dunia’ kita untuk lebih mengenal dunia dan memberika tuntunan untuk masa depan kita semua.

Ketika IDKita Kompasiana sudah menjadi mitra pemerintah dalam kesempatan2 besar, bahkan sudah mampu berkolaborasi untuk mendesain aturan2 baru bagi Indonesia di bidang teknologi dan informasi, pun kami tetap belum mampu bergerak sendiri. Secara sadar, bahkan IDKita Kompasiana akan mampu memberikan sumbangsih bagi Indonesia jika kita bersatu. Bukan hanya penggerak intinya saja, tetapi semuanya, kalau perlu kita semua yang peduli dengan anak bangsa!

Memang tidak gampang. Bekerja, bergerak dan berbuat untuk banyak orang tetap tidak di dukung oleh materi dan fasilitas2 yang mumpuni. Tetapi jika kita memiliki KASIH sesama manusia, untukku IDKita Kompasiana juga merupakan ‘media pelayanan’. Dengan keterbatasan2ku sebagai insan pasca stroke, aku tetap berjuang untuk menjadikan IDKita Kompasiana sebagai mitra anak2 bangsa!

13679862961451655298
IDKita Kompasiana di Purwokerto

Karena, sungguh, jika kita berbuat yang terbaik bagi banyak orang dengagn setulus2nya walaupun cibiran dan ejekan serta fasilitas2 yang tidak memadahi, Tuhan akan memberikan kemudahan2. Dan aku sudah mengalaminya. Bahwa dalam 1 tahun IDKita Kompasiana ini, segalanya dimudahkan oleh NYA, bahkan menjadi berkat untuk banyak orang …..

IDKita Kompasiana sudah berumur 1 tahun. Sebuah umur yang masih bayi. Tetapi mimpi kita terus bertumbuh dan berkembang. Terus dan terus …… sudah banyak yang mengundang IDKita Kompasiana untuk bergabung dan bermitra. Bahkan beberapa daerah akan kami datangi demi pelayanan ini. Akhir bulan ini, IDKita Kompasiana akan ke Yogyakarta untuk berdisusi dengan 3 universitas besar dan beberapa sekolah. Beberapa bulan berikutnya, IDKita Kompasiana akan bergerak ke Maluku dan Papua. Mungkin beberapa saat lagi juga, IDKita Kompasiana mampu berkolaborasi dengan beberapa negara. Mimpi kita masih terus berlanjut ……

Sekarang, apakah yang bisa kita lakukan untuk anak bangsa? Mampukah kita melayani bangsa ini dengan kasih? Karena kasih adalah awal dari segalanya ….. kasih sesama manusia akan memampukan kita untuk berbuat yang terbaik. Dan Tuhan akan memberikan kasih NYA untuk kita, lebih dari yang kita pikirkan …..

Selamat Ulang Tahun IDKita Kompasiana, Tuhan memberkati kita semua ……

Salamku …..
 
Link tentang kegiatan IDKita Kompasiana :

 
IDKita Kompasiana dan Kementerian Kominfo Akan Datang ke Tempat Anda …
 
Dunia Maya pun Juga Ada di ‘Hp Jadul’…
 
Indonesia Akan Mendengar Mereka
 
‘Gerakan Guru Menulis’ di Kompasiana
 
Kreatifitas Menulis Siswi SMP di Baturaden
 
Buruh Petani pun Harus Bisa Internet! Sasaran Orang Tua Siswa SMPN 1 Sumbang - Purwokerto
 
Pengembangan Internet Sehat dan Aman di SMPN 1 Baturaden, Purwokerto
 
Selamat Datang di Purwokerto, Salam dari IDKita Kompasiana …..
 
Mereka Berselancar di Dunia Maya di Warnet, Sementara Orang Tua Mereka adalah Buruh Tani …..
 
Dialog Bersama Remaja SMP Penabur Kota Jababeka
 
Talk Show Kompas TV di Hari Ibu 2012 : Ibu Jaman Sekarang Harus ‘Melek’ Teknologi …..
 
IDKita Remaja Sudah Membuktikannya di Seminar “Peranan Ibu di Era Digital” …..
 
“Bukan Ortu Gaptek” : Buku Pertama IDKita Kompasiana
 
Radio DFM 103.4 FM menggandeng IDKita Kompasiana

 
Ternyata Mereka Hanya Ingin Pengertian dan Keterbukaan
 
IDKita Kompasiana dan 2 Kementerian : Persiapan Seminar Hari Ibu Nasional 2012
 
Kompasianival 2012: Remaja-Remaja IDKita yang Luar Biasa!
 
Seminar ‘Game Online’ - Kominfo : Ketika Kreatifitas Anak dan Remaja Berseberangan dengan 
Dampak Negatifnya
 
‘Parenting Control’ : Workshop Perdana IDKita Kompasiana
 
IDKita Kompasiana Akan Berkolaborasi dengan 2 Kementerian dalam Hari Ibu 2012
 
Mbah Google versus ‘Mading’
 
Sudah Berapa Jauhkah IDKita Kompasiana Berkembang?

 
Kolaborasi IDKita Kompasiana dengan Kominfo dalam Membina Generasi Muda di SMK Kesdam 
Jaya

 
‘The Next Action’ dengan ibu Mariam F.Barata, Direktur Pemberdayaan Telematika Kominfo

 
Berdialog dengan ‘Ibu Linda Amalia Sari Gumelar’, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan 
Perlindungan Anak RI

 
Ketika Orang Tua Baru Mengerti, Bahwa Anak-Anak Mereka Berada ‘Jauh’ di Depan Mereka …..

 
Remaja Tidak Menyadari Bahwa Bahaya ‘Mengancam’ Mereka !

 
Respon Antusias Orang Tua tentang ‘Internet Sehat’ di GKJ Eben Haezer

 
Diskusi dengan Dirjen Telematika Kominfo, Bapak Ashwin Sasongko
 
ID Kita Kompasiana - Kominfo : Diskusi Program ‘Internet Sehat’

 
ID Kita Kompasiana: Membangun ‘Mimpi’
 
ID Kita Kompasiana - MOU: Tanggung Jawab Kami untuk Generasi Muda Indonesia
 
ID Kita Kompasiana : Bermula dari ‘Keluarga Cengengesan’ …..

13679864951710749238

Tags:

0 Responses to “‘IDKita Kompasiana’ di Mataku: Refleksi 1 Tahun”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks