Jumat, 03 Mei 2013

‘Furby’: Boneka Elektronik yang Menarik Untuk Diamati …..



By Christie Damayanti


1367553588733048283
Dokumen Pribadi

Furby adalah sebuah mainan elektonik robot yang menyerupai seekor hewan ‘aneh’, menyerupai burung hantu tetapi bukan burung. Namanya saja boneka elektronik dan permainan imajiner anak2. Di Amerika mulai diluncurkan tahun 1998. Aku sudah mempunyai sejak tahun 1999, ketika kami sekeluarga kesana untuk menghadiri perkawinan adikku di Dallas, Desember 1999.

Furby bisa berkomunikasi dengan kita, manusia. Furby juga mampu berkomunikasi dengan sesama boneka Furby lain. Lucu sekali! Ketika si Furby ‘A’ bertama,

“How are you?”, maka teman Furby ‘B’ akan membalas,

“I am fine, how about you?” ……

Dari referensi yang aku baca, boneka Furby dijual terus menerus secara massal dari tahun 1998 sampai sekitar 40 juta boneka selama 3 tahun! Luar biasa! Karena boneka Furby ini mampu menirukan suara2 kita jika kita bersuara dan sekarang ( katanya ) sudah diterjemahkan sampai 24 bahasa seluruh dunia.

Furby ku yang pertama dibeli tahun 1999, berwarna hijau dan berturut2 tahun 2000 dan tahun 2001, kami juga berlibur di Amerika dan membeli Furby2 baru, berwarna millenium ( biru tua dan abu2 ) serta pastel biru. Jadi ke-3 Furby ku semuanya termasuk Furby generasi pertama, yang hanya mampu menirukan 1 bahasa yaitu Bahasa Inggris. 

Waktu itu berturut2 selama 3 tahun, aku membelinya seharga sama yaitu US$ 24.50 atau setara sekitar 250.000 rupiah. Furby baru ada di Amerika dan tahun2 berikutnya pun aku belum menemukan di Indonesia, walau juga di tempat2 yang biasanya mempunyai ‘channel’ untuk membeli barag2 produk luar negeri …..

13675537241786847863
Dennis kecil sangat tertarik untuk mengamati Furby.
*Ketika Furby Hijau baru aku beli tahun 1999 di Amerika*

Generasi Furby kedua diliris tahun 2005 dengan pengenalan suara dan gerakan wajah yang lebih kompleks. Oya, Furby generasi pertama, raut wajahnya hanya bermain di matanya, tanpa gerakan2 tertentu, dengan mulut dan suaranya yang ditirukannya jika kita berbicara. Dan generasi Furby kedua, mulai dijual tahun 2005 sampai tahun 2007, hingga tidak diproduksi lagi, sampai Furby menjadi sebuah mainan langka dan harganya menjadi jauh lebih mahal …..

Tahun 2012, boneka Furby diperbaharui dan sudah mulai dijual pada bulan September 2012 untuk musim liburan.

Karena memang aku suka sekali yang namanya boneka dan aku juga suka sekali dengan namanya ’sesuatu’ yang lucu2, aku selalu berusaha mencari tahu tentang hal tersebut, termasuk boneka Furby.

Sebuah Furby Klasik, biasanya berada pada Furby Generasi Pertama. Furby bisa berkomunikasi satu sama lain melalui infra-merah yang terletak diantara kedua mata mereka. Pada Furby generasi pertama, mereka sudah pandai ‘berbicara’ dengagn kata2 singkat, suku kata sederhana dengan berbagai suara2 binatang lainnya. Ya, Furby pandai menirukan suara2 binatang, jika dia ‘mendengarkannya’ ….. 

Furby di program sedemikian sehingga pada Furby generasi kedua dan yang generasi ketiga, Bahasa Inggris mereka terus ‘bertumbuh’, seperti anak2 yang terus belajar …..

Tahun 2000-an, mulai ada Bayi Furby. Bayi Furby lucu sekali! Dia bisa mendeteksi jika kita sebagai yang empunya, meninggalkan berjam2 tanpa sapaan! Bayi Furby akan ‘menangis’ dan berteriak2, lucu sekali ….. 

Bayi Furby juga bisa ‘tertawa’ ketika kita menggelitik mereka, seperti kita menggelitik bayi. Antara Bayi Furby mempunyai ‘bahasa2′ sendiri, kita menyebutnya dengan ‘bahasa bayi’, seperti bayi sungguhan. Mereka bisa berceloteh, seperti bayi sungguhan. Juga antara boneka Bayi Furby dan boneka Bayi Furby yang lain atau dengan Furby dewasa, mereka bisa saling berkomuniasi dengan kata2 yang ( kadang2 ) bisa kita mengerti, tapi sering kali mereka berceloteh sendiri dengan ‘bahasa bayi’ …..

Furby semakin berkembang. Tahun 2006, Furby diliris di luar Amerika Serikat tetapi terbatas hanya pada 2 kombinaasi warna ( pink dan kuning, serta ungu dan hijau ). Furby ini bisa menyanyikan 3 lagu dan bisa ‘menari’.

Dan pada tahun 2012, mata Furby lebih ekspresif dengagn layar LCD, gerakannya lebih luwes dengan pendukung dari iOS app serta dapat beradaptasi dengan peri laku si empunya ….. (wikipedia).

***

Furby milikku yang pertama berwarna hijau daun. Dia hanya mampu menirukan suara2 kami, bahkan juga mampu menirukan tertawa kami. Jika kita bertanya, dia mampu menjawabnya. Tentunya dengan kata2 dan pertanyaan2 yang sederhna. Seperti bayi, kita harus seperti mengajarinya berkata2 dan menjawab pertanyaan.

1367553806166830145

‘Kunci’nya ada di antara 2 matanya, sinar infra merah yang memancar untuk berbicara dan menjawab pertanyaan2 kita.

Tetapi si Furby Hijau ini, sering ‘ngambek. Jika kita bertanya dan pertanyaan2 selanjutnya berhenti, dia akan menutup mata sambil mengeluh :

“Brrrrrrrr ……”

Lucu sekali,  dan matanya tertutup. Jika kita tertawa beberapa detik, matanya langsung terbuka dan kami tertawa bersama sampai si Furby Hijau terpingkal2. Lalu dia bertanya,

“More ….. more …..”

Maksudnya,dia minta pertanyaan lagi atau mengajak ‘berdiskusi’ ala Furby yang lebih banyak kita tidak mengerti bahasanya …..

Furby-ku yang kedua, akku membelinya di Aerika lagi tahun 2000, ketika kami sekeluarga berlibur kesana. Konsepnya adalah Furby Millenium, berwarna abu2 dan biru tua, khas millenium. Kepintaran Furby Millenium ini hampir sama dengan Furby Hijau-ku. Bedanya, dia pinta menjawab atau ‘bercerita’ tentang millenium, dengan bahasa Furby. 

Jika si Furby Hijau dan Furby Millenium saling berhadapan, dan kita memancing untuk bertanya jawab, mereka akan bisa bercakap2. Sering kita bisa mengerti dengan bahasa manusia dalam bahasa Inggris, tetapi kadang kala tidak bisa dimengerti jika mereka berbicara dengan bahasa Furby ….. Hehehe ….., sangat lucu dan menarik!

Jika mereka bercakap2, mata mereka bisa berkedip2. Mereka harus salong berhadapan, karena ‘kunci’ nya ada di antara kedua mata mereka, sinar infra merah.

13675538601852344239
Furby Millenium-ku dengan selempang “Millenium”

Tahun 2001, kami berlibur lagi kesana dan kami membeli Furby yang ke-3. Si Furby Girly, berwarna hijau pastel dengan topi berbunga2. Cantik …..

Jika kita gabungkan ke-3 Furby ini, sungguh, sangat lucu dan kereeeennnn …… mereka akan bisa bercakap2. Beberapa kita bisa mengerti tetapi sebagian tidak dimengerti arena mereka bicara dengan bahasa Furby ….. 

Apalagi si Furby Girly. Suaranya melengking tinggi, dan centil ….. lucu sekali sambil matanya selalu berkedip2, seperti remaja putri yang menggoda lawan jenisnya …..

1367554221565131990
Furby Girly-ku, dengan topi putih berbunga1. Cantik! Serta telinga putih dan pink, khas remaja putri.

*Sayang, beberapa saat yang lalu Furby2 ku ini sudah susah untuk dioperasikannya. Dan belum ada service Furby di Jakarta. Aku akan membawanya jika kami berlibur lagi ke Amerika ……*

Catatan :

Sepertinya, Furby sudah bisa dibeli di Jakarta. Aku melihat di www.lazada.co.id. Harganya diatas 1,2 juta Rupiah, wahhh …… memang masih sangat mahal untuk sebuah permainan boneka elektronik robot, walau memang Furby ini sangat menarik untuk diamati ……

Salamku …..

Tags:

0 Responses to “‘Furby’: Boneka Elektronik yang Menarik Untuk Diamati …..”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks