Rabu, 23 Januari 2013

Jari Jemariku Lincah Menari dalam Gemulai Tangan Kiriku…



By Christie Damayanti


13589324751529414542
Dokumen Pribadi

Ketika seseorang dinyatakan sehat secara fisik, biasanya dia menganggap bahwa kesehatan itu biasa2 saja, dan yah ….. seperti itulah ….. Seperti aku dulu sebelum aku berada dalam keterbatasan, fisikku sangat sehat, bahkan terlalu sehat sehingga aku sangat tidak memperdulikan tentang apa yang Tuhan berikan pada kesehatanku. Aku terlalu masa bodoh dengagn kesehatanku dan aku ‘berfoya2′ dan mempertaruhkan apa yang aku punya yang diberikan Tuhan kepadaku dengan keinginanku sendiri …..

Ketika ‘pertaruhanku’ antara apa yang Tuhan berikan untukku tentang kesehatanku dengan keinginanku sendiri ‘kalah’, dan aku diserang sebuah penyakit yang mematikan, aku sadar bahwa kesehatan itu sangat berharga! Bahwa aku sudah bisa berkarya lagi, itu adalah berkat kemurahan Tuhan saja, walau tetap aku dalam keterbatasan. Dan dalam keterbatasanku sebagai insan pasca stroke dengan lumpuh separuh tubuh sebelah kanan, sekarang aku hanya bisa mengamdalkan separuh tubuh sebelah kiriku yang sehat untuk melakukan kehidupanku sehari2 …..

Me with my left hand @ANTV Program “Perempuan Hebat”, adalah judul yang aku tuliskan di timeline Facebook-ku. Untuk meyatakan bahwa hidup sekarang ini sedang bergantung dengan 1 tangan saja ( tangan kiri ), setelah Tuhan mengijinkan aku sakit. Bahwa jika tangan kiriku bermasalah dan tangan kananku belum bisa digunakan, akan ada banyak permasalahan baru untuk hidupku, seperti di tulisanku Tangan Kiriku pun Sulit untuk Digunakan karena ‘Carpale Tunnel Syndrome’ …..

135893251740057503

Kembali lagi tentang tangan kiriku. Sebuah tangan, pemberian Tuhan yang terbaik untukku, mampu membuat hidupku tetap eksis ketika tubuh sebelah kananku lumpuh! Tangan kiriku mampu memberikan kehidupanku untuk anak2ku dan tangan kiriku pun justru sekarang mampu membuat aku ‘berbeda’ serta mampu untuk Tuhan memakaiku sebagai pelayanNYA. Tangan kiriku memberikan apa yang Tuhan inginkan dariku, sesuai dengan kehendak NYA …..

Tidakkah foto diatas mampu ‘berbicara’ ?Jari jemari yang dulunya selalu berkutat dengan pasir dan tanah, yang dulunya selalu berkolaborasi dengan mistar dan penggaris atau dengan kalkulator untuk menghitung kekuatan dalam sebuah desain bangunan, sekarang mereka sangat gemulai untuk berloncatan dalam harmonisasi kata2 dalam tulisanku.

Jari jemariku mampu untuk mendobrak kekuatan yang ada pada diriku, dengan kata2 aku mampu memberikan efek terapi bagi otakku. Dan jari jemariku membuat otak kananku mampu untuk berpikir sebagai Christie yang dulu …..

Ketika tangan kananku masih mampu untuk melakukan apapun yang aku mau, aku tidak peduli dan tidak memikirkan, apa yang terjadi jika tangan kananku tidak bisa melakukan apa yang seharusnya aku bisa lakukan. Sebagai perempuan sehat, aku hanya memikirkan dan terfokus dengan semua impianku, bukan memikirkan hari2 suramku. Kedua tanganku pun lincah menari2 ketika aku melakukan apa yang aku ingin lakukan ….. Kedua tanganku mampu membuat aku berada di tingkat tertinggi dalam kehidupnku dan Tuhan tahu, itu yang aku mau …..

Tetapi ternyata apa yang aku mau, bukan kemauan Tuhan. Yang aku mau adalah justru bertolak belakang dengan kemauan Tuhan. Sehingga suatu hari, Tuhan memberikan aku sebuah penyakit mematikan, tetapi Tuhan juga yang langsung memberiku kekuatan, sehingga kekuatan yang dari pada NYA, mampu memberikan kehidupan dalam keterbatasanku.

13589325451196449459

Dalam 3 tahun ini, Tuhan mau aku melakukan kegiatanku sehari2 dengan 1 tangan, tangan kiri saja. Dalam 3 tahun ini, kelumpuhan tangan kananku membuat tangan kiiriku bisa bekerja sama dengan anggota tubuh kiriku saja, sehingga aku pun tidak bangga bahwa aku adalah seorang perempuan dengan cacat tubuh lumpuh separuh sebelah kanan …..

‘Kekuatanku’ adalah hanya dari Tuhanku. Tetapi secara manusiawi, kekuatanku sekarang adalah hanya dari tubuh kiriku …… Seakan aku membawa ½ tubuh lumpuhku, ternyata tubuh kiriku mampu membawa tubuh kananku untuk berkegiatan. Kekuatan tangan kiriku sekarang melebihi kekuatan seluruh tubuhku. Semua kegiatanku hanya aku pakai dengan tangan kiriku, sehingga tidak berlebihan ketika tangan kiriku akan terus mampu ‘menahan’ seluruh tubuhku, sehingga apa yang Tuhan mau dari padaku.

Ketika tangan kiriku berjuang untuk mendapatkan penghidupanku dalam bekerja, sebenarnya tangan kananku terus juga berjuang untuk mulai bisa terlibat dengan konsep kolaborasi anggota tubuh manusia. Dan ketika tangan kiriku mampu berprestasi dalam segala hal, tidak berlebihan jika aku mengatakan bahwa apapun yang sebelumnya tidak pernah terpikir bahwa ‘aku bisa’ ternyata ‘AKU MEMANG BISA!’

Sebuah tangan kiri yang lemah yang mulanya tidak mampu untuk berbuat sesuatu, apalagi untuk ‘berprestasi’, ternyata tangan kiri itu sangat bermanfaat ketika tangan kanan sedang tidak mampu berbuat apa2.

Dan jari jemari kiri yang biasanya gemulai dan cantik sebagai penyangga cincin cantik, sekarang justru mereka mejadi lebih kuat dan bersahaja …..

Sebuah tangan kiri dengan jari jemari itu, mampu membuat mataku tertuju ke sebuah televisi, ketika sang kameramen terfokus merekam tangan kiriku menari2 di tuts laptopku …..

Sebuah tangan kiri mungil, yang aku tidak tahu kapan Tuhan mengijinkan tangan kananku untuk berkolaborasi dengan tangan kiriku, tetapi kapanpun yang terjadi, aku akan sangat bersyukur bahwa Tuhan tetap memeliharaku, termasuk memberi ‘prestasi’ bagi tangan kiriku ……
Tetap semangat adalah kunci hidupku sekarang, dan tetap bersyukur dan berdoa adalah kunci imanku. Dan Tuhan tahu apa yang ada di dalam hatiku, untuk sebuah pengharapan ……

Tags:

0 Responses to “Jari Jemariku Lincah Menari dalam Gemulai Tangan Kiriku…”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks