Kamis, 24 Januari 2013

Aku Bukan Seorang “Perempuan Hebat”



By Christie Damayanti

13590197921498563488
Dokumen Pribadi

Tidak pernah aku terpikir dari dulu untuk di minta ‘masuk’ ke televisi, bicara di depan banyak orang ( selain karena pekerjaanku sebagai arsitek untuk desain dan proposal2ku atau kuliah di depan mahasiswa2ku ). Apalagi di televisi yang bisa dilihat oleh seluruh negeri ……

Tidak pernah juga aku membayangkan bahwa aku akan ‘terkenal’, bukan sebagai seseorang yang berprestasi, atau seseorang yang memberi inspirasi kepada Bangka orang. Tetapi sekarang aku ‘dikenal’ sebagai seseorang disabled, lumpuh separuh tubuh, serta hanya bisa ‘berbicara’ dengan tulisan dan berkegiatan dengan 1 tangan kiriku ( lihat tulisannya Jari Jemariku Lincah Menari dalam Gemulai Tangan Kiriku… ).

13590198421421647875
13590198781646896054
Aku dengan mba Sharon dan tim crue ANTV

Ketika seseorang menelepon ku pada suatu siang di kantor, aku tidak pernah mengenalnya. Dulu sebelum aku sakit aku memang lebih banyak menerima telpon2 yang tidak dikenal, karena memang pekerjaanku selalu berhubungan dengan orang2 baru, termasuk orang2 dari negeri lain, yang merhubungan dengan desain, material2 ataupun dengan mitra2 kerja ku.

Tetapi ketika orang itu, mba Sharon namanya, mengatakan bahwa dia dari sebuah televisi swasta terkenal, aku hanya mendengarkan, apalagi ketika dia bercerita bahwa aku diminta untuk berada di sebuah program yang menurutku, ‘belum saatnya aku ada didalamnya’. Agak malu, ketika aku meng-iya-kan apa yang mereka inginkan untukku, dan kami berjanji untuk bertemu, besok setelah itu, di tempat yang disepakati.

Kami berembug tentang konsep untuk program televisi tersebut, sampai disepakati aku akan di rekam kegiatanku sehari2 dalam pekerjaan dan proyek ku, dalam kegiatan terpikir di rumah sakit, serta dalam kegiatan dan sosialisasi ku serta pelayanan ku. Dan Minggu depan, kami akan mulai shooting salama 2 hari bertempat di beberapa titik, yaitu di kantor dan proyek ku, di rumah sakit dan di rumahku …..

Hehehe ….. Jujur, aku sungguh merasa lebay, selebay-lebaynya ….. Program itu memang bagus. 

Sebuah program khusus untuk perempuan yang menjadi sebuah inspirasi. ‘Perempuan Hebat’ , begitu nama program ini, merupakan sebuah program acara reality show di ANTV yang akan menghadirkan berbagai kisah inspiratif mengenai perempuan-perempuan yang berjuang keras untuk bertahan hidup demi orang-orang yang dicintainya.

Aku hanya bersyukur, ketika aku sekarang hanya seorang perempuan disabled, yang tidak bisa apa2, tetapi di luar sana, masih ada beberapa orang yang melihat aku sebagai perempuan yang tetap bisa berkarya. Aku hanya ingin tetap bisa berkarya. Aku tidak ingin ‘Neko-neko’. Artinya, aku hanya ingin tetap bisa berkarya, bukan seperti dulu, yang ketika aku sehat bisa mendapatkan apa yang aku inginkan, dengan berada di tempat tertinggi dalam kehidupanku. Tetapi, aku sekarang hanya ingin berkarya dengan bersahaja!

***

Melihat dan mendengar kesaksian dari beberapa orang tentang aku, membuat mataku terus berkaca. Testimoni yang pertama adalah atasan ku, seorang direktur proyek yang aku sangat hormati. Dan beliau lah salah satu yang benar2 peduli dan selalu memberikan kesempatan untukku, untuk terus berkarya walau tetap dalam keterbatasan …..

1359019924480358375
13590199522095692634
Aku dengan atasanku serta tim kerjaku di bedeng …..

Kata2 atasan ku, membuat aku termenung. Terlihat sangat peduli denganku, juga terlihat beliau sama sekali tidak melihat aku sebagai perempuan yang dalam keterbatasan. Beliau dalam testimoni nya tentang aku, mengatakan bahwa aku tetap diperlakukan sebagai pegawai biasa, tidak dibedakan dengan tema2ku yang lain, sehingga teman2 yang lain tetap melihat aku sebagai Christie yang sehat dan tidak dibedakan ……

13590199982020919101
1359020026625383980

Begitu juga, ketika aku ke kantor bedeng tempat aku bekerja sebelum aku sakit. Teman2ku disana memang sudah lama tidak berinteraksi denganku, setelah aku pindah ke ‘holding’, bukan kantor proyek. Mereka menyambut ku dengan senang, memeluk ku serta mengajak ku berkeliling, sehingga shooting pun berjalan dengan natural, tanpa dibuat-buat. Berdiskusi dalam pekerjaanku serta berbicara tentang hasil pekerjaan kami bersama …..

13590200771753469722
Aku menggandeng temanku, Jessica, bekeliling seputar hasil pekerjaanku …..

Aku berkeliling di hasil pekerjaanku, sebuah mall kebanggaan ku. Aku menjelaskan banyak hal, salah satunya ketika aku berusaha untuk membuat mall ini ‘ramah’ terhadap warga yang berkebutuhan khusus. Dan ini merupakan salah satu kebanggaan ku, bahwa mall ini menjadi sebuah mall yang sangat ramah bagi warga disabled. ANTV terus mengikuti ku, ke manapun aku berjalan. Aku mengoceh taku berhenti, ditemani teman kerja ku, Jessica, kami berkeliling dari Libya mall sampai 2 hektar taman yang aku kerjakan tahun 2009. Aku bersyukur ….. Aku sangat bersyukur …….
****
Shooting hari kedua, mba Sharon dan tim crue ANTV mengikuti ku dalam kegiatanku sehari2. Mulai dari bangun pagi, lalu ke rumah sakit untuk aku terapi. Testimoni tentang aku berlanjut bersama bapak Seman, terapisku, sejak aku datang ke rumah sakit ini dari Amerika, Januari 2010. Seorang terapist, guru, sahabat dan seorang papa kedua untukku, pak Seman selalu siap dengan pertanyaan2ku serta tempat aku mengeluh tentang keadaan fisikku karena stroke ini …..
13590201551366369698
13590201891602670159

Pak Seman bersaksi tentang aku dan terapi yang terus aku lakukan sejak 3 tahun ini …..

Setelah itu ANTV mengikuti ke unit VIP untuk menjenguk mamaku yang memang sedang dirawat disana sejak awal Desember karena infeksi ginjal.  Disana, ANTV mewawancarai papa dan mamaku. Dan kata2 papa dan mamaku tentang aku, benar2 merupakan berkat untukku. Seperti biasa, mamaku berbicara dengan mata2 sederhana, tetapi sangat menyentuh hatiku, ketika beliau terus mengatakan bahwa,

“Christie adalah anak saya yang pintar, semangat dan terus berusaha untuk memuliakan nama Tuhan, walau keadaannya dalam keterbatasan, dan saya sangat bangga terhadapnya, serta terus mendukungnya untuk berusaha sembuh serta terus membantunya dalam kegiatan pelayanannya serta berkarya untuk anak2nya …..”

13590202181942780206
1359020242420953059
Kesaksian papa dan mamaku di rumah sakit. Mamaku masih dirawat di rumah sakit …..
13590202762124992497

Begitu pula dengan kata2 papa ku yang selalu bersahaja, untuk terus mendukungku dalam aktifitasku. Testimoni orang tuaku benar2 menguras emosi ku, bahwa walau sudah 3 tahun aku dalam keterbatasan, tidak pernah aku mendengar dan melihat bahwa mereka bosan dan keberatan 

…… Dan mereka selalu terus mencintaiku walau aku tidak bisa tidak bergantung dari mereka …..

Konsep shooting berikutnya adalah di rumahku, dengan memfokuskan tentang kegiatanku setelah stroke, menulis di Kompasiana dan berfilateli. ANTV sudah memvideokan semua penghargaan ku yang berhubungan dengan menulis, Internet sehat serta filateli ku. Aku lebih bersyukur lagi, ketika sebelum aku stroke, aku tidak melakukan apapun kecuali bekerja - bekerja - dan bekerja.  Dan sekarang dalam 3 tahun ini, aku justru bisa berprestasi walau tetap dalam keterbatasan ……

13590203091370276878
13590203481661750356
Aku dengan kegiatanku menulis di Kompasiana …..
13590204111293573723
13590204381791248766
Hasil aku menulis di Kompasiana, dengan 2 buku-ku …..
1359020509234908227
13590205371808881923
Aku dengan kegiatan filateliku …..

2 hari shooting dalam program “Perempuan Hebat” di ANTV ini, menguras emosi ku. Sebuah emosi yang aku tidak tahu, apa namanya, tetapi aku yakin, emosi ini adalah kebahagiaan, senang dan bahagia, bahwa semuanya ‘melihatku’ sebagai seorang perempuan normal, bukan seorang perempuan disabled. Apalagi dengan testimoni atasan ku serta kedua orang tuaku yang benar2 membuat aku berbahagia ……

Dan satu Minggu kemudian, hasil kegiatanku di program ANTV ini, ditayangkan, Rabu 23 Januari 2013 jam 7.30 pagi. Tidak semua teman2 aku informasikan untuk melihat tayangan ini, karena sungguh, aku agak tidak nyaman, bahwa aku berada di dalam sebuah program yang mungkin sebenarnya bukan untukku ……

Tidak banyak yang bisa aku katakan kepada semua orang. Aku hanya ingin tetap berkarya dan ber pelayanan untuk kehidupan anak2 dan keluargaku di masa depan, dan untuk terus bisa memuliakan Nama Tuhan.  Itu saja, tidak lebih!

Tetapi ternyata Tuhan memberikan aku ‘lebih’. Lebih dengan kemampuanmu walau lumpuh separuh tubuh, lebih dengan semangatku. Lebih dengan senyum ku, juga lebih dengan kemampuanmu  untuk bertahan dalam eksistensi ku dalam bersosialisasi, dan lebih untuk terus mengasihi keluargaku serta lebih untuk terus mencintai Tuhanku ……

Terima kasih atas kesempatan ini, Tuhanku ….. Terima kasih atas Kasih MU padaku …..

1359020575972549921

Tags: ,

0 Responses to “Aku Bukan Seorang “Perempuan Hebat””

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks