Sabtu, 22 Desember 2012

Talk Show Kompas TV di Hari Ibu 2012 : Ibu Jaman Sekarang Harus ‘Melek’ Teknologi …..



By Christie Damayanti

1356174420269893216
Dokumen Pribadi

Hari Ibu 22 Desember 2012. Dari dulu aku tidak merasa sebagai seorang ibu, karena aku dan anak2ku lebih seperti sahabat. Dan anak2ku pun menganggap aku sebagai seoang sahabat, bahkan mereka selalu menggodaku apalagi setekah aku dalam keterbatasan, bukan karena memang untuk mengejekku, tetapi justru mereka sangat peduli dan sayang padaku, dan sambil menggodaku mereka memberikan kasihya yang luar biasa kepadaku ……

Setelah Seminar dengan tema “Peranan Ibu di Era Digital” seperti di tulisanku IDKita Remaja Sudah Membuktikannya di Seminar “Peranan Ibu di Era Digital” ….., Sehari berikutnya mba Tedja, salah satu produser Kompas Pagi, Kompas TV menghubungiku lewat hp untuk bersedia dalam kegiatan Talk Show dengan 2 orang ibu lagi yang datang di seminar itu. Aku meng-iya-kannya dan diminta untk mencari 2 orang ibu lagi. Satu dari Kementerian dan satu lagi dari kalangan bukan Kementerian dan bukan dari IDKita Kompasiana.

Pertama aku mencari dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlingan Anak ( PP & PA ) dan Kementerian Kominfo. Bu Mariam F.Barata yang pertama kali menjawab bersedia. Aku tenang. Lalu aku tunggu dari Kemen PP & PA sampai beberapa kali aku menghubunginya, bahkan langsung ke Ibu Linda Gumelar, tetapi beliau dan tim PP & PA memang sangat sibuk dengan kegiatan2 Hari Ibu, sehingga aku tidak bisa menghadirkan mereka.

Setelah itu,aku mulai mencari dari Ibu2 Ketua PKK, dan pilihanku jatuh kepada Ibu Regina Karma, Ketua PKK Papua. Beliau bersedia, tetapi sehari sebelum Hari Ibu, beliau tiba2 harus pulang ke Jayapura karena ananya dirawat di rumah sakit ….. pupuslah harapan aku menghadirkan seorang ibu lagi di Talk Show Hari Ibu ….. Akhirnya, Kompas TV hanya bisa menghadirkan 2 orang ibu, Bu Mariam F.Barata, Direktur Pemberdayaan Telematika dan aku sebagai penggiat Internet Sehat dan Aman dari IDKita Kompasiana …..

Sabtu tanggal 22 Desember 2012, jam 4.30 pagi aku dijemput Pak Ucu, salah satu sopir Kompas TV untuk membawaku ke studio. Aku ditemani Michelle, anakku, sementara Valentino terlambat karena memang waktunya bergesr 1 jam lebih pagi. Hanya 20 menit aku tiba di Studio Kompas TV di Palmerah dan aku langsung digiring ke ruang kostum untuk didandani. Hanya 5 menit aku dan bu Mariam langsung masuk ke Ruang Studio, dimana mas Riko si pembawa acara sudah menunggu disana. Dan kami digiring ke masing2 kursi merah …..

1356174479659577617

Talk Show dimulai. Pertanyaan2 demi pertanyaan ditanyakan oleh mas Riko, bergantia kepada Bu Mariam dan kepadaku, sebagai ibu2 di jaman digital yang melek teknologi, sesuai dengan konsep Hari Ibu. Ketika mas Riko  menanyakan tentang apa yang seorang ibu ( kepada ku ) inginkan tentang bagaimana menghindarkan bahaya internet bagi anak2 dn remaja, lagi2 aku mengatakan bahwa kami, kaum ibu dan IDKita Kompasiana memimpikan bahwa nantinya semua gadget ( dari personal computer, laptop, bb, smarthope, iPad dan sebagainya ) yang mau masuk ke Indonesia DIHARUSKAN sudah ada program ‘Parenting Control’, untuk bisa mengontrol kegiatan anak2 dan remaja di dunia maya-nya ….. Dan mas Riko mencatatnya ……

Begitu juga ketika mas Riko menanyakan kepada ku, mana yang aku pilih, melarang anak2 dan remaja dengan kehidupan dunia mayanya, membatasi atau justru membiarkannya? Dan dengan tegas aku menjawab bahwa internet dan teknologi merupakan dunia masa depan bagi anak2 dan remaja sebagai generasi bangsa. 

Kita jangan melarangnya, tidak membatasinya, tetapi kita justru harus melebarkan sayap kita, sebagai orang tua yang tidak gagap teknologi dan yang bisa mengerti serta terbuka untuk berdiskusi sebagai sahabt anak2 dan remaja kita. Karena tidak akan berguna jika kita melarang mereka, telebih mengekang mereka, karena mereka lebih dan sangat pintar dibanding kita. 

Sehingga yang dibutuhkannya lebih kearah kepercayaan dan keterbukaan serta engertian untuk mereka  ( lihat tulisanku Ternyata Mereka Hanya Ingin Pengertian dan Keterbukaan ) …..

13561745351044778386

Juga ketika mas Riko menanyakan kepada bu Mariam, apa kiat2 ibu jaman sekarang untuk mengentrol dan mengamankan anak2 dan remaja mereka, selain dari konsep ‘Parenting Control’, beliau menjawab bahwa perlu adanya ‘kontrol diri serta proteksi diri’. Dan kita semua sebagai orang tua, mempunyai kewajiban untuk membekali psikis dan mental untuk anak2 dan remaja kita. 

Bahwa jika sebagi orang tua selalu mengajarkan anak2 dan remaja kita tanggung jawab pribadi, pastilah anak2 dan remaja kita akan berusaha untuk terus melakukan tanggung jawabnya sesuai dengan yang diajarkan …..

Bu Mariam juga mengatakan bahwa tugas ibu jaman sekarang harus bertambah satu tugs lagi, ialah sebagai ‘Manager Teknologi’. Artinya, ibu memang orang tua yang lebih banyak bergaul dengan anak2 da remaja dibandingkan ayah, dan apapun adalah ibu harus mampu melakukan yang terbaik untuk anak2 dan keluarga mereka, termasuk  sebagai orang tua yang tidak gagap teknologi, sebagai ‘Manager Teknologi’. 

1356174571535476816

Ada beberap pertanayaan dari pemirsa dirumah tentang ini, dan semuanya bisa kami jawab. Mereka lebih menanyakan tentang bagaimana self protecting serta konsep dan cara mengontrol anak2 dan remaja mereka dari kecanduan internet …..

Teknologi memang selalu mempunyai 2 mata, baik dan buruk. Teknologi merupakan dunia masa depan. Ketika teknologi sudah ‘menyerang’ dunia, apakah yang kita bisa pertahankan? Jika teknologi bisa menjadikan dunia porak potanda, apakah yang manusia bisa andalkan? Tidak ada! 

Jika teknologi sudah menghancurluluh-lantakkan dunia, apalagi bagi anak2 dan remaja, ternyata kita hanya bisa mengandalkan ‘kontrol dan proteksi diri’ yang diajarkan orang tua mereka. Dan jika orang tua tidak mau peduli untuk membentengi anak2 dan remaja mereka dengan agama, budi pekerti serta yang iannya, mereka akan semakin menjauh dari orang tuanya dan dari dunia remajanya, terseret arus teknologi yang semakin menjadi …..

Diskusi ditutup dengan pertanyaan kepadaku, bagaimana kita sebagai orang tua dan sebagai ibu membuat anak2 dan remaja bisa berkarya dalam dunia internet, bukah hanya bermain saja ( game online ), aku menjawab bahwa kita bisa memberdayakan anak2 dan remaja melalui karya2, seperti menulis sebagai blogger, bermusik atau fotografi …..

Talk Show pagi sudah selesai, dan sebelum kami pulang dengan diantar kerumah masing2 lagi, kami berkesempatan lagi berbincang dengan mba Sofie beberapa saat, sambil sarapan pagi roti dan teh manis ….. suatu kegiatan yang menyadarkan aku, bahwa sebagai orang tua ternyata aku harus terus bisa menjadi sahabat bagi kedua ABG ku, dan jangan lengah. Karena jika lengah, mungkin mereka akan terseret arus teknologi, walau proteksi diri sudah sering aku katakan kepada mereka ( namanya juga ABG, yang masih mencari jati diri ….. ).

13561747552086250410
Aku, bu Mariam dan mba Sofie, produser Kompas Pagi

Selamat Hari Ibu 2012, jadilah ‘Manager Teknologi’ untuk anak2 dan remaja kita, dan Tuhan berkati!


Salamku …..

1356174629590649257

Tags: ,

0 Responses to “Talk Show Kompas TV di Hari Ibu 2012 : Ibu Jaman Sekarang Harus ‘Melek’ Teknologi …..”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks