Kamis, 04 Oktober 2012

Penderita ‘Paraplegia’: Doa dan Berserah Merupakan Kunci Hati dalam Tuhan …..



By Christie Damayanti

13493439221792753037
drugline.org

Seorang teman mendapatkan saudaranya terserang sebuah ‘penyakit’, paraplegia. Sebuah ‘penyakit’ yang ( katanya ) tidak tersembuhkan, kecuali mujizat Tuhan. Paraplegia adalah cedera sumsum tulang belakang yang biasanya akibat kecelakaan atau terjatuh, sehingga merusak tulang belakang dan sumsumnya. 

Aku sih tidak tahu tentang itu, tetapi beberapa artikel di Google tentang itu, membuat aku berdiam diri, bahwa ada ‘penyakit’ yang ( katanya ) tidak tersembuhkan ……

Si penderita bisa lumpuh kedua kakinya, atau kedua tangannya atau lumbuh seluruh badan dengan hannya kepalanya yang bisa merasakannya. Paraplegia bukan sebuah penyakit, tetapi kerusakan sumsum tuang belakang yang disebabkan karena trauma fisik seperti di tuliskan diatas.

Cerita pak Sardi yang ditulis di koran-o.com tanggal 22 Agustus 2012 menceritakan bahwa beliau sudah menderita paraplegia sejak 10 tahun lalu. Beliau tinggal di sebuah desa Sukoharjo ( lihat di http://www.koran-o.com/2012/lelakon/paraplegia-menyiksa-dan-melumpuhkan-saya-27639 ). Aku tidak bisa membayangkan, bagaimana kehidupannya sejak 10 tahun lalu, dan sampai berapa lama beliau bisa bertahan? Istriya sudah meninggalkannya …..

***

Sudah baca? Aahhh ….. ternyata kita tetap harus bersyukur, apapun yang terjadi dalam hidup kita. Ditengah2 teman2 kita, ternyata banyak sekali orang yang menderita. Aku tahu itu. Tetapi karena aku tidak berada di lingkungan mereka, maka aku tidak atau belum bisa mengerti, apa yang terjadi, bagaimana kehidupannya serta apa cara mereka mengatasinya.

Temanku mengatakan, bahwa penyakit itu tidak bisa disemuhan, ketika semua saudaranya menolongnya untuk terus mencri tahu ke banyak rumah sakit - rumah sakit. Mereka sudah putus asa, dan mereka sudah menerima jika saudaranya yang menderita paraplegia itu, aka segera di panggil menghadap Tuhan ….. aaahhhh, sungguh ngeri membayangkan bahwa saudara kita sudah tidak bisa disembuhkan lagi …..

Tetapi bagaimana? Jika si penderita masih bisa hidup lebih dari 10 tahun, seperti pak Sardi? Apakah kita tega melihat si penderita hidup tersiksa dengan penyakitnya, seperti pak Sardi? Di tulisan di atas, sepertinya keluarga pak Sardi memang tidak mampu untuk berobat, sehingga pak Sardi dibiarkan hidupnya terasing dengan penyakitnya, karena memang pak Sardi tidak bisa ‘menopang’ hidupnya. Bahkan tubuhnya pun tidak mampu tegak lurus jika duduk dan harus memakai korset.

Seperti halnya aku, seorang perempuan yang cacat karena stroe, dan dokter2 di Amerika ( dimana aku terserang stroke disana ), secara medis sudah tidak bisa sembuh lagi karena parahnya serangan stroke-ku. Tetapi, sungguh, aku sangat percaya bahwa Tuhan akan menyembuhkan aku, entah bagaimana caranya, dan itu yang Tuhan lakukan! Aku bisa sembuh, bekerja biasa serta berkegiatan biasa, walau penyembuhanku belum sempurna …..

Aku hanya membayangkan, bagaimana jika si penderita masih diberi umur pandang oleh Tuhan, tetapi karena secara medis ( manusia ) sudah tidak tersembuhkan lagi, sehingga si penderita sangat mendeerita sepanjang umur yang diberikan oleh NYA?

Buat aku, pasrah itu penting. Berserah apa lagi, bahwa tuhan akan memberikan yang terbaik untuk semua umatnya. Tetapi kita tetapi harus berusaha, walaupun badai menghadang ….. kita harus bisa bersemangat bahwa dalam semua permasalahan atau sakit penyakit. Kita harus terus berdoa dalam penyerahan pada Tuhan, seperti aku, dengan lumpuh dan keterbatasanku, sebenarnya aku agak ‘down’ ketika tiba2 di pikiranku ‘bagaimana jika aku ditinggal oleh orang2 yang mencintai aku?’

Lebay? Sombong? Sok idealis? Atau pahlawan kesianngan? 

Aku tidak tahu, yang jelas aku berkaca pada kehidupanku sendiri. Pengalaman mengajarkan aku demikian. Aku sudah pernah 3x hampir mati karena penyakit, tetapi aku benar2 berserah dan berdoa, dan nyatanya aku masih hidup sampai sekarang walau memang keadaanku dalam keterbatasan …..

Tidak mudah memang, ketika kita sedang dihantam permasalahan atau sakit penyakit, kita langsung berharap pada Tuhan untuk kita berserah. Aku tahu, tidak mudah! Apalagi permasalahan itu terus menghadang dan sakit penyakit itu seakan tidak berkesudahan.

Tuhan akan memberi yang terbaik, tetapi kita harus bisa berserah dengan apa yang Tuhan berikan pada kita. Pasrah, berserah dan berdoa aalah kunci hatiku, bahwa walau aku berat bersama fisikku dalam keterbatasan, aku berserah kepadanya, bahwa aku senantiasa akan diberkati NYA dan masa depanku cerah cerita, sesuai dengan janji Tuhan …..

Mari kita tetap percaya kepada NYA, pasrah dan berserah serta bedoa, akan tetap menjadi kunci hati dalam Tuhan.

Doaku untuk yang berbeban berat, terutama untuk penderita paraplegia …..

Tags: ,

0 Responses to “Penderita ‘Paraplegia’: Doa dan Berserah Merupakan Kunci Hati dalam Tuhan …..”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks