Senin, 21 Mei 2012

Hati-Hati, Dunia Cyber ‘Membius’ Remaja Putri Kita …..





By Christie Damayanti

1337511679228860972
stockphoto.com
Dunia maya memang benar2 membius semua orang di dunia, berapapun usianya dan apapun motifnya. Untuk anak2 dan remaja, biasanya memang keingin-tahuannya yang sangat besar. Untuk dewasa, biasanya memang untuk mengekspresikan dirinya lewat jejaring sosial. Tetapi beberapa dari mereka memang sudah terpikir untuk berbuat jahat, dengan ketidak-tahuannya anak2 dan remaja serta orang2 dewasa yang memang selalu berpikir bahwa semua orang adalah baik …..

Malam minggu kemarin, aku nonton di Fox Movies di TV kamarku, ketika aku bosan untuk nonton apapun yang banyak kekerasan di TV Cable. Tetapi, ketika aku menemukan cerita yang berhubungan dengan apa yang aku dan teman2 di ID Kita Kompasiana dalam conference di YM malam itu, aku menjadi sangat exited. Karena, di sebuah film keluarga berjudul ‘Trust’ itu, menggambarkan seorang remaja wanita berumur sekitar 14 tahun kelas 2 SMP di Amerika, sedang tergila2 dengan dunia maya, dan masa depannya berubah menjadi berantakan …..

*****
Adalah seorang remaja yang sedang terbius dengan chatting lewat YM, sebut saja namanya Kelly ( aku lupa namanya, maklum, ’stw’ ….. ). Temannya banyak dan dia memang disukai oleh banyak orang karena pembawaannya yang riang, terbuka dan juga cantik. Kelly tergila2 dengan YM, bahkan bukan hanya teman2nya yang di dunia nyata saja yang di bawanya ke chatting-annya di YM saja, tetapi bahkan dia ‘mengundang’ banyak orang2 baru untuk ber-chatting ria dengannya.

Semula, semuanya baik2 saja, ketika ayahnya bahkan bersama dengan Kelly ‘membahas’ teman2nya di YM dan berdiskusi ketika beberapa teman prianya mulai jatuh hati padanya. Dan ayahnya, menanggapinya dengan santai dan sabar serta mengganggap Kelly sudah mengalami mulai beranjak dewasa. 

Sampai pada suatu ketika, seorang teman barunya di dunia maya, seorang pria dewasa, mengajak chatting sampai tidak kenal waktu, merayunya, bahkan mengganggap Kelly sebagai wanita dewasa, serta meminta Kelly membeli pakaian2 dalam serta lingerie yang bukan buat seusianya, untuk bisa dikenakan jika bertemu dengannya. Ya, di Amerika ( katanya ) jika belum berhubungan seks antara pria dan wanita, mereka belum dianggap ‘dewasa’ ).

Hati Kelly melayang2 ketika Glenn merayu dan dengan senang Kelly mengirim foto2nya khusus untuk Glenn, dengan pakaian dalam serta lingerienya. Dia tidak sadar, bahwa setan sudah merasuk hati Glenn, dan bukan hanya Kelly saja yang terpedaya, tetapi banyak remaja cantik seperti Kelly yang terpedaya rayuan Glenn. Memang, dalam fotonya Glenn adalah seorang pria dewasa yang tampan dan keren, sehingga sepertinya wajah seperti Glenn memang merupakan idola remaja cantik seperti Kelly.

Singkat cerita, Glenn bertemu Kelly di sebuah hotel  untuk makan siang dan Glenn berhasil membujuk Kelly ke kamar yang di pesan olehnya. Glenn memang tampan dan keren, sama seperti fotonya, dan Kelly senang, karena bayangannya sebagai ‘pacar’ seorang pria dewasa yang tampan dan keren, bisa sangat dibanggakan di depan teman2nya.

Orang tua Kelly tidak tahu bahwa yang dikatakan Kelly pada mereka sebagai ’sahabat’, adalah pria dewasa yang merayunya. Kelly menjadi cuek bebek dengan orang tuanya, tidak peduli dengan tugas2nya sebagai pelajar dan sangat terfokus kepada Glenn. Kelly menjelma sebagai gadis remaja yang dewasa yang belum waktunya …..

Ketika Kelly memakai pakaian dalam dan lingerie nya sesuai dengan permintaan Glenn, Glenn menatapnya tanpa berkedip, dan mereka terbuai dalam alam ‘bawah sadar’. Kelly, si anak yang masih bau kencur, bercinta dengan pria dewasa. Walau Kelly menangis karena terenggutnya kegadisannya dan ( katanya ) merasa kesakitan, Kelly tetap memuja Glenn ….

*Astaga …., apa yang cari, Kelly?*

Orang tuanya terkejut, ketika Kelly menangis, sepulang dari ‘kencannya’ bersama Glenn. Bagaimana Kelly tidak stress, walau tetap dia memuja Glenn, Kelly masih sangat remaja! Dan orang tuanya memburu Glenn, karena Kelly tidak mau membuka identitasnya, lewat polisi ‘kejahatan cyber’ . Dan Glenn tetap bebas untuk terus merayu remaja2 cantik seperti Kelly …..

*****
Dunia cyber memang membius semua orang. Mereka terbius oleh janji2, tetapi kenyataannya di dunia nyata tidaklah demikian. Jika yang terbius adalah orang dewasa, yang sudah tahu dengan pasti mana yang salah atau yang benar, mungkin masih bisa dimengerti. Tetapi jika yang terbius adalah anak2 dan remaja2, khususnya di Indonesia, sangatlah tidak diinginkan. 

Anak2 dan remaja2 adalah generasi muda dunia, dan Indonesia khususnya. Mereka akan memimpin dunia dimasa depan, khususnya memimpin indonesia! Jika mereka sudah terbius dunia maya sejak dini, apa yang bisa diperbuatnya untuk masa depannya?

Kelly benar2 sudah terbius dunia maya. Sudah di’perkosa’ dengan rayuan2 Glenn, bahkan Kelly tetap masih terbius dengan Glenn. Dan Glenn bebas merayu remaja2 cantik seperti Kelly, ketika Kelly tetap tidak mau membuka indentitas Glenn di depan semua orang. Kelly tetap terbuis, ketika dia juga tahu bahwa Glenn merayu juga remaja2 yang lain, walau hatinya memang hancur karena ( katanya ) Glenn tidak ’setia’ dengannya ….. Astagaaaaa …..

Apakah kita mau, anak2 dan remaja2 kita terbius seperti Kelly?

Tetaplah jaga anak2 dan remaja2 kita. Jagalah masa depannya. Dan tumbuhlah dalam kasih pemeliharaan Tuhan, dengan terus berusaha untuk membuat gerakan moral tentang dunia maya yang ‘membius’ ( dalam konotasi negatif )  dan persiapkan generasi muda kita untuk memimpin dunia …..

Salamku …..

Artikel sebelumnya tentang dunia internet :

Games dan Games Online : Semuanya Tidak Boleh ‘Kebanyakan’…..
Dunia Internet: Antara Mengasikkan dan Menjengkelkan!
Jaga Data-data Pribadi Remaja Kita di Jejaring Sosial
Seks Remaja: Karena Internet Atau Karena ‘Kesepian’?
Dunia Internet dan Teknologi Harus Tetap Berkibar
‘Generasi Gadget’ : Sanggupkah Kita Mengikutinya ?
Seorang Kakak Menghamili Adik Kandungnya Sendiri Karena Internet
‘e-Generation’: Tetap Harus Bisa Melihat Kesempurnaan Tuhan dalam Penciptaan-Nya
‘Cyber-sex’ Ternyata Bukan Hanya Menjijikkan tetapi Juga Sangat Mengerikan!
‘Cyber-Crime’: Kejahatan Dunia Digital
Dunia Ini Sudah Semakin Sempit

13375118861210121394



Tags:

0 Responses to “ Hati-Hati, Dunia Cyber ‘Membius’ Remaja Putri Kita …..”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks