Kamis, 20 Juni 2013

Awal Mula Kanker pada Alat Reproduksi Perempuan



By Christie Damayanti


13717251761230622450
brikest.blogspot.com

Seingat aku, ketika aku menanyakan kepada Dr Eriyono tentang sebab terjadinya myoma ku di rahimku, aku tidak atau belum mendapatkan jawaban yang pasti. Yang aku ingat bahwa myoma ku berawal sejak aku masih kecil dan lama kelamaan bertumbuh dan berkembang sampai aku menikah.

Aku juga tidak mengerti, kata Dr Eriyono juga sebenarnya myoma itu berkembang jika aku hamil, tetapi mengapa walau sejak kecil, myoma itu berkembang? Ataukah memang myoma itu sudah sebesar 5,5 cm ( masing2 ), dan tetap tanpa perkembangan sampai aku hamil? Aku tidak pernah memeriksakan diri, apalagi perempuan tomboy macam aku. Entahlah …..

Memang awalnya adalah myoma. Lalu berkembang menjadi tumor jinak sampai terakhir tumor jinak itu menjadi tumor ganas, yang di sebut kanker. Dan sampai sekarang, aku tidak bisa tahu, bagaimana kanker itu berkembang cepat sampai aku di operasi, pengangkatan rahim ( hysterecktomy ), karena Dr Eriyono yang aku kasihi seperti papa, sudah meninggal sekitar 7 tahun yang lalu …..

Menurut referensi yang aku baca, faktor kanker rahim pada seorang perempuan biasanya karna kesalahan kita sendiri. Kadang ita melakukan hal-hal yang seharusnya tidak perlu kita lakukan, sehinggal memicu timbulnya kanker rahim. Misalnya, memakai anti-septik atau bedak tabur di daerah vagina. Atau juga banyak memakan makanan tinggi lemak. Juga sering kita makan makanan ‘junk-food’ yang memang tinggi lemak, akan memicu kanker, di bagian tubuh manapun, juga ditubuh perempuan ataupun lelaki!

Ini beberapa pemicu kanker di organ2 reproduksi perempuan :

Makanan Berlemak Tinggi

Apabila kita terlalu banyak konsumsi jenis makanan yang berlemak maka estrogen pun semakin banyak, karena lemak yang potensial memproduksi hormon estrogen. Dan apabila rahim terpapar oleh hormon ini maka kemungkinan terjadi perubahan yang sangat cepat menjadi kanker.

Kebiasaan Merokok

Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat mempermudah selaput lendir sel-sel tubuh terangsang atau bereaksi. Dan biasanya terjadi pada tenggorokan, paru-paru dan leher rahim. Apabila nikotin yang diserap oleh tenggorakan terlalu banyak maka akibatnya semakin besar kemungkinan tiga organ itu terkontaminasi.

Sering Menabur Bedak Pada Vagina

Butiran2 bedak yang menempel pada vagina dapat menyebabkan timbulnya kanker ovarium. Hal itu dapat mengakibatkan infeksi dan luka di ovarium. Kebiasaan seperti ini dianggap sesuatu yang wajar saja, demi menjaga kesegaran pada vagina. Padahal dengan kebiasaan seperti itu dapat menimbulkan kanker.

Pembersih Vagina ( antiseptik )

Pada umumnya wanita sering menggunakan antiseptik untuk membersihkan daerah kewanitaan mereka. Katanya, berguna membasmi kuman pada vagina, perlu diketahui pada vagina terdapat kuman yang disebut Basillus Doderlain, penghasil asam laktat yang memang fungsinya menjaga kelembaban vagina. Padahal antiseptik yang digunakan mengandung bahan kimia yang berbahaya yang dapat menimbulkan iritasi pada leher rahim.

Kurangnya asupan vitamin, sayur dan buah2an

Vitamin C merupakan vitamin yang dapat memperbaiki dan memperkuat ‘mukosa’, material dalam leher rahim. Jika kita kekurang vitamin tersebut tidak menutup kemungkinan kita akan terjangkit kanker rahim. Oleh karena dianjur untuk memperbanyak makan sayuran serta buah2an dan mengkonsumsi vitamin C.

Kebiasaan-kebiasaan yang sering kita anggap remeh yang telah dijelaskan diatas merupakan pemicu terjadinya kanker rahim. Mulailah untuk meninggalkan kebiasan-kebiasaan tersebut demi kesehatan kita sendiri.

Aku tidak tahu, di bagian mana, kanker rahim ku berawal, karena pun aku tidak pernah melakukan hal2 yang aku tuliskan diatas. Entahlah, yang jelas kenyataan itu ada dan aku alami sendiri …..

***

Ketika aku baru tahu bahwa myoma yang ada di rahimku berawal sejak aku masih kecil, dengan adanya ( salah satunya ) aku sering memakan ‘junk-food’, aku ingat2 lagi. Ya, waktu aku kecil, perutku selalu agak besar. Bukan seperti seorang anak2 perempuan atau seorang gadis yang perutnya kempes dan rata. Perutku memang agak ‘gendut’, walau aku sendiri sama sekali tidak peduli. Secara sejak dulu, aku memang tomboy.

Dimanapun, jika perempuan belum berpikir untuk menikah, pastilah tidak terpikir untuk memeriksakan dirinya ke doker ahli ginekolog, karena memang belum menikah. Kecuali, organ2 reproduksi kita memang bermasalah, barulah kita memeriksakan diri ke dokter ginekolog, seperti tentang menstruasi atau keputihan. 

Jadi, siapa yang mengerti, bahwa sejak kecil ada 2 buah ‘benda’ besar ( myoma ) di rahimku? Dan aku tidak merasakan sakit sama sekali, kecuali menstruasiku memang tidak teratur dan sangat kesakitan dalam 1 atau 2 minggu aku mengalami menstruasi …..

Baru sekarang terpikir, ketika sekarang aku harus berhati2 dengan menjaga kesehatanku. Setelah beberapa kali cakar maut mengelilingku. Walau aku tidak mengerti mengapa kanker menggerogoti rahimku, aku terus berupaya untuk tidak melakukan hal2 yang seharusnya tidak dilakukan.

Sebuah trauma yang mahal harganya …..

Catatan :
 
Bagian dari buku “Ketika Tuhan Masih Memberi Aku Hidup” - Launching Buku-ku ke-3 : “Ketika Tuhan Masih Memberikan Aku Hidup”, Kesaksian Sebagai Cancer Survivor

Tags: ,

0 Responses to “Awal Mula Kanker pada Alat Reproduksi Perempuan”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks