Jumat, 25 April 2014

Radio Sonora 92.0 FM : Aku, Valentino dan Novita Tandry dalam ‘Happy Parenting’



By Christie Damayanti

Dok. Radio Sonora 92.0 FM
Dok. Radio Sonora 92.0 FM

Persahabatan bukan hanya membawa berkat bagi mereka yang bersahabat saja. Persahabatan ternyata membawa berkat bagi orag lain. Karena dari persahabatan, kuta bisa saling memberikan sesuatu untuk sahabat kita,juga untuk banyak orang. Seperti dari persahabatanku dengan mba Novita Tandry, seorang psikoloq anak2 cantik dan baik hatinya, yang mempunyai bisnis sekolah pra-balita terkenal di dunia, lewat franchise dari sebuah negara besar.

Berawal, tahun 2012 lalu, aku mengikuti sebuah seminar yang diselenggarakan oleh Kemen Kominfo tentang game online. Lihat tulisanku Seminar ‘Game Online’ - Kominfo’ : Ketika Kreatifitas Anak dan Remaja Berseberangan dengan Dampak Negatifnya. Mba Novi, begitu aku memanggilnya, memang seorang psikoloq anak2 handal dan untukku beliau memang cantik.

Setelah itu, kami bertemu lagi di Seminar Nasionl Hari Ibu tahun 2012, dimana aku berbicara disana. Dan semakin dekatlah kami, sering mengobrol di bbm, bercerita dan ketawa2. Lihat tulisanku IDKita Remaja Sudah Membuktikannya …..

***

2 minggu lalu, mba Novi BBM aku, untuk mengajak aku bicara di radio Sonora 92.0 FM. Mba Novi memang mempunyai program khusus untuk berbincang tentang anak2. Namanya Program ‘Happy Parenting’. Tiap kami jam 11.00 - 12.00. Seperti aku yang mempunyai program khusus untuk motivasi di Radio Pelita Kasih ( RPK ) 96.3 FM dengan Program ‘Weekend Spirit’ setiap Sabtu jam 16.00 - 17.00 dan Valentino dengan IDKITA Kompasiana di Radio Edukasi Pustekkom Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 1440 AM dengan Program ‘Internet Sehat dan Aman’, tiap Selasa jam 11.00 - 12.00, semuanya kira2 sejak 1 atau 1,5 tahun lalu.


Lihat tulisanku :



Aku, seorang disabled karena stroke. Aku merasa tidak banyak kesempatan dibanding dengagn teman2 yang sehat dan normal, pasti meng-iya-kan semua permintaan2 siapapun. Apalagi berhubungan dengan kesaksianku sebagai insan pasca stroke, serta pelayanan untuk banyak orang. Jadilah aku bersama dengan mba Novi untuk berbagi pengalamanku tentang kesaksian stroke, sekalian berbagi motivasi untuk teman2 yang masih tidak bersemangat dalam hidupnya.

Hari Kamis tanggal 10 April 2014 lalu, aku dijemput mba Novita dari kantorku untuk menuj ke Radio Sonora 92.0 FM di sekitar jalan Kebahagiaan Gajah Mada, jam 9.30. Selama perjalanan, mba Novi banyak bertanya detail tentang kesaksianku, untuk mengimbangi diskusi dan tanya jawab kami dengan pendengar secara live on-air.

Tema siaran di Radio Sonora Kamis 2 minggu lalu adalah “Love Conguers Stroke - ketergaran Seorang Christie Damayanti”, bersama mba Novita Tandry dan host program Happy Family, mba Siska Soa Longa. Kami saling berbincang terlebih dahulu sebelum acara dimulai, untuk mencari kesatuan dalam bdiskusi siang hari itu.


Jam 11.00 tepat siaran dimulai, dan acara tersebut berjalan lancar. Banyak SMS yang masuk, menanyakan banyak hal tentang aku dan mendukungku serta mendoakanku untuk pemulihanku. Bahkan banyak yang ( katanya ) menangis mendengarkan ceritaku. Begitu juga ketika selesai mereka meminta nomor telponku untuk sharing dan aku memberikannya, sampai sekarang selalu ada untuk mendukung dan mendoakanku.


Sudah ada 1 orang insan pasca stroke yang aku datangi bersama Valentino di Sunter. Beliau sudah 12 tahun stroke dan mulai putus asa dengan keadaannya. Lumpuh separuh tubuh sebelah kiri. Dan aku datang untuknya, berbicang dan sharing serta membawa buku2 kesaksianku, untuk memberi semangat padanya, bahwa jika aku bisa, mengap dia tidak bisa?

Begitu juga seorang dokter, datang ke rumahku untuk membeli buku2ku, karena tersentuh mendengar kesaksianku dan membeli buku2ku untuk teman2nya yang juga insan pasca stroke …..
Puji Tuhan, persahabatanku dengan mba Novi, juga menjadi berkat bagi orang lain, walau hanya sekedar sharing di radio saja …..

***

Kamis kemarin tanggal 24 April 2014, Valentino berbicara di Sonora 92.0 FM, juga bersama dengan mba Novi. Valentino juga mrupakan teman mba Novi, bermula dengan sama sama seperti aku. Dan kami, IDKITA sedang mempersiapkan Seminar Nasional bersama Kowani dengan Ketua Umumnya Bu Dewi Motik. Kowani sudah MOU dengan IDKITA Kompasiana dan tangal 5 Mei sampai 11 Mei, kami menggelar Fair Kowani dan IDKITA diberikan 2 tema seminar di 2 hari terakhir, tanggal 9 dan 10 Mei 2014. Dan di tanggal 9 Mei, aku akan berbicara bersama dengan mba Novi dan juga bersama Ibu Kapolri.

Karena kolaborasi di even inilah, mba Novi baru tahu dan sadar bahwa Valentino memang juga bergerak dalam pelayanan untuk anak2 dan remaja, tetapi dalam internet dan teknologi. Sehingga, mba Novi lansung mengajak Valentino untuk berbicara dengan tema anak2 dan remaja dalam teknologi.

Tema siaran Kamis kemarin adalah “Internet Parenting Control for Kids and Teens”, bersama mba Novita Tandry dibantu dengan host program Happy Parenting, mba Siska Soa Longa.


Karena aku tidak bawa ‘head-set’ untuk smartphoneku, aku sembunyi2 dan slalu mengecilkan suara radio lewat smartphoneku, ketika siaran itu berlangsung. Seperi biasa, Valentino slalu menggebu2 berbicara tentang anak2 dan remaja yang harus dijaga sedini mungkin dari orang2 jahat diluar sana. Apalagi dalam bidang teknologi, seperti yang kita tahu tentang ini.

Dok. mba Novita Tandry
Dok. mba Novita Tandry
@Radio Sonora 92.0 FM mba Novita Tandry, mba Sisca dan Valentino

Bahwa teknologi dan internet adalah masa depan anak2. Tetapi teknologi dan internet juga bisa berbahaya untuk mereka. Teknologi dan internet adaalah ‘pedang bermata 2′, dimana sisi baik dan buruknya untuk siapa saja, sama! Sehingga, jika kita mempunyai anak2 dan remaja harus mendidik anak2 dan remaja kita secara real dan kenyataan hidup, harus mendidik dengan baik sesuai dengan rencana Tuhan, begitu juga kita harus mendidik anak2 dan remaja kita dalam kehidupannya di dunia maya …..

Tetapi sangat bermasalah jika orang tuanya gaptek atau tidak peduli. Jika gaptek, memang mereka harus dibantu untuk mengawasi anak2 dan remaja mereka, lewat banyak hal, seperti yang IDKITA Kompasiana selalu lakukan dalam 2 tahun belakangan ini. Yang paling sering adalah orang tua-orang tua yang tidak peduli tentang hidup anaknya di dunia maya.

Mereka berpikir bahwa anak2 dan remaja mereka aman di rumah saja. Tetapi justru ‘paedofil online’ selalu mengincar mereka. Dan Valentino, pada kesempatan bicara di Radio Sonora, Kamin kemarin mampu menyedot keingin-tahuan dan kepedulian pendengar untuk mencari tahu lebih lagi tentang menjaga anak2 dan remaja dalam teknologi …..

Siaranpun berlangsung dengan sukses, dan mba Novi dan Valentino langsung menuju kantorku untuk berbicara tentang rencana dan konsep even Kowani Fair, disebuah cafe mall, di bawah kantorku di Cental Park.

Me and mba Novita Tandry

Namanya kita berteman dan bersahabat. Awalnya hanya sebentar untuk berbicara tentang even selanjutnya. Tetapi justru kita melihat peluang untuk kita selalu berkolaborasi dalam pelayanan bagi anak2 dan remaja. Aku dan Valentino ( semua timnya ) lewat IDKITA dengan mba Novita Tandry lewat pelayanannya sebagai psikoloq anak2. Alhasil, dari muli jam 13.30 siang, berujung makan malam di cafe itu juga sampai jam 19.00 lebih.

Hihihi …… apalagi ketika suami mba Novi menjemputnya, jadilah tambahan teman ngobrol, setelah teman2 mba Novi pulang …..

Sangat menyenangkan, ketika persahabatan berlanjut untuk sama2 melayani. Dan kamipun berjanji untuk bisa berbuat yang terbaik bagi Indonesia lewat pelayanan bagi anak2 dan remaja, dalam 
kapasitas keahlian masing2 dari kami.

Terima kasih Tuhan atas persahabatan ini, mari kita melayani bersama, Tuhan berkati!

Tags:

0 Responses to “Radio Sonora 92.0 FM : Aku, Valentino dan Novita Tandry dalam ‘Happy Parenting’”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks