Rabu, 02 Oktober 2013

Ulos Batak: Salah Satu Kain Tradisional Indonesia Selain Batik, yang Juga Sarat Makna



By Christie Damayanti

13806986011465220080
www.antarafoto.com

Masih berhubungan dengan ‘Hari Batik Nasional’ tanggal 2 Oktober 2013 hari ini.  Batik memang sekaran sudah mendunia. Jenis2 Batik pun sangat banyak. Dari Sabang sampai Merauke. Mungkin ratusan jenis Batik yang ada di Indonesia, mampu untuk mengalahkan jenis2 kain lainnya yang ada di dunia! Ditambah lagi, bukan hanya Batik saja kain tradisional lain yang ada di Indonesia. Ratusan bahkan mungkin ribuan kain tradisional lain ada di negara  kita! Mulai dari Tenun sampai Songket ( baik tenun manual , sebagian dengan mesin atau hanya sekedar tenun mesin saja ), juga ada dari Sabang sampai Merauke.

Kecintaanku kepada Indonesia, sering aku wujudkan dengan kepedulianku dengan banyak hal. Seperti cita2 idealisku tentang ‘Jakarta Baru’, mengamati kehidupan sosial masyarakat kota2 Indonesia untuk mencari tahu bagaimana kita bisa mempersembahkan yang terbaik, bahkan keinginanku untuk terus mempelajari salah satu budaya Indonesia, yaitu Kain Tradisional dan asesoris tradisional Indonesia. 

……

Batik memang sudah mendarah daging, bagiku. Aku punya setumpuk cerita tentang Batik dan aku pun mempuyai koleksi Batik hingga ratusan, bukan hanya baju2ku saja. Dan masih terus mempelajari dan berburu Batik serta mengkoleksinya sampai sekarang.

Tetapi bukan itu saja. Aku juga sangat mencintai kain2 tradisional Indonesia yang lain. Tenun dan Songket. Berharap masih ada generasi muda yang mau melestarikannya, aku mulai mempelajari lebih baik lagi dan sering aku mengajak anak2ku untuk melihat2 koleksi2 kain2 tradisional dan asesorisnya lewat pameran2 atau jia aku ingin berburunya …..

Tenun Ulos yang aku punya adalah hasil pemberian teman2, tukar menukar kain tradisional2 yang lain serta mencari dan berburu di pameran2 atau khusus datang ke Pasar Senen.

13806986771539995017
13806987341852703169

Salah satu Ulos-ku yang paling aku banggakan! Cantik sekali, walau cukup berat! Dengan kain tenunannya yang halus warna dasar ungu kebiru2an dengan merah maroon. Ukurannya besar, 100 cm x 200 cm. Benang emas dominan serta manik2 putih senjang tenun ini, membuat Ulos-ku ini mewah tak terkira …..

Aku mendapatkannya dari hasil ‘berburu’. Dan jangan lupa, semua kain trdisional yang ditenun dengan manual, termasuk Batik Tulis, TIDAK AKAN ADA YANG SAMA 100%! Jadi, banggalah dengan potensi warisan Indonesia ……

Salah satu rangkaian kecintaanku pada Indonesia, sekali lagi aku selalu menyempatkan diri untuk berburu serta menambah koleksiku tengtang kain2 tradisional, jika aku ke luar kota. Bahkan bukan hanya keluar kota saja, tetapi di Jakarta pun jika aku punya kesempatan, salah satu rekreasiku adalah melihat2 dan berburu kain2 tradisional. 

Mulai dari pameran2 dimana2 ( biasanya rutin mereka menggelar pameran di JCC atau di Gedung UKM jalan Gatot Subroto ataupun di mall2 ), bahkan sengaja aku melihat2 dan berburu kain tradisional di tempat2 khusus. Seperti untuk Batik, aku memilih di Thamrin City dan untuk Kain Ulos Batak, aku memilih di Pasar Inpres Senen serta untuk Tenun, aku memilih di Kemang atau dari teman2 dalam komunitas ini.

***
Aku mempunyai koleksi banyak Batik, berjenis2 Tenun serta beberapa jenis Songket. Akan aku tuliskan dalam beberapa tahap. Salah satu yang mau aku bahas disini sekarang adalah Tenun Ulos, dari Batak. Ketika aku ke Batak, Sumatera Utara, aku masih belum mengerti tentang budaya dan belum ingin memaknainya sebagai ‘cinta tanah air’. Sehingga aku belum ingin melihat2 dan mengkoleksi Tenun Ulos, yang sebenarnya sarat dengan makna.

Beberapa jenis Ulos :


13806987971870622947
www.shnews.co

13806988352009966252

Temanku banyak dari Batak, bahkan saudara dekatku pernah tinggal di Medan belasan tahun, sehingga aku sedikit tahu tentang Tenun Ulos. Ulos melambangkan ikatan kasih sayang antar sesama. Baik keluarga, persahabatan bahkan sekedar kasih sayang pertemanan. Dahulu, Ulos adalah untuk menghangatkan badan, tetapi sekarang Ulos mempunyai fungsi simbolik dalam aspek2 kehidupan masyarakat Batak. Motif Ulos berbeda antar daerah2 di Batak, sifat, fungsi serta corak dan motif2 untuk kreasi Ulos nya sendiri.

Dalam referensi yang aku baca, Ulos merupakan sumber ‘panas’ bagi manusia, menurut pandanga masyarakat Batak. Sehingga fungsi Ulos sendiri bisa memberikan ‘panas’ bagi manusia untuk menyehatkan badan, menenangkan pikitan serta kegembiraan hati kita.


1380698875357528819
health.kompas.com

13806989371785974789
www.anthroarchart.org

Beberapa acara adat suku Batak, memakai Ulos ….. warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan

Dikalangan masyarakat Batak, ada adat unuk ‘mengulosi’, artinya memberi Ulos dengan peraturan2 tertentu. Seperti, hanya boleh mengulosi menurut kerabat dibawahnya ( orang tua mengulosi anaknya tetapi tidak sebaliknya ).

Ada banyak jenis Ulos sesuai dengan daerhnya, makna serta funginya. Salah satunya adalah :

1. Ulos Antak-Antak :

Adalah Ulos sebagai selendang untuk melayat orang meninggal, ataupun sebagai kain yang dililit pada waktu menari.

Ketika papa masih menjabat di pemda DKI. Hampir semua anak buahnya merupakan etnis Batak. Dalam kesehariannya, tidak berbeda dengan masyarakat pada umumnya, tetapi yang membedakan adalah ketika mereka selalu ‘bergembira’ apun yang terjadi. Sesuai dengan adatnya, bahkan dalam duka cita yang mendalam, sebuah keluarga ‘berpesta’, untuk mengucapkan puji2an pada Tuhan. Semalaman, mereka bernyanyi2 lagu Rohani sambil beribadah bersama. Dan Ulos2 cantik bertebaran, dipakai oleh mereka …..

2. Ulos Bintang Maratur :

Adalah Ulos yang paling banyak kegunaannya dalam upacara2 adat Batak. Misalnya, memasuki rumah baru, selamatan hamil 7 bulan, babtisan di Gereja, mendapat cucu baru, dan sebagainya.

3. Ulos Ragi Hotang :

Adalah Ulos yang diberikan kepada sepyang pengantin yang sedang melaksanakan pesta adat, sekalian persetujuan untuk pernikahannya dari masing2 orang tuanya.

Dan sebagainya. Puluhan makna sebuah Ulos dan desain tenun nya pun beragam. Semuanya cantik2 dengan warna2 menarik. Walau warnanya ( warna utamanya didominasi dengan warna hitam, biru gelap, hijau gelap atau coklat dan merah maroon, dengan benang2 warna warni serta manik2 cantik penghiasnya ) tidak secerah Tenun2 dari Bali atau Nusa Tenggara Timur serta Tenun Flores, Tenun Ulos mampu menyedot rasa kagum bagi banyak bangsa …..


13806990091214439050
antarafoto.com
Menenun Ulos secara tradisional …..

Makna dan jenis2 Ulos ini akan terus menjadi sebuah alat untuk pengenalan diri masyarakat Batak khuusnya, dan warga Indonesia umumnya, sesuai dengan tatanan sosial budaya, akan menjadikan Ulos sebagai salah satu Kain Tradisional Indonesia yang cantik dan membuat Indonesia semakin cantik ……

Permasalahannya sekarang, baru Batik saja yang mampu ‘membudaya’, bahkan Batik sudah juga pernah ‘diambil alih’ oleh negara tetangga dengan meng-klaim Batik sebagai budaya mereka. Sekarang, akankan segera Ulos menjadi warisan budaya bangsa? Jangan2 Ulos akan ‘diambil paksa’ juga oleh negara tetangga, secara Sumatera Utara berdekatan dengan ‘mereka’, tanpa kita sadar ……

Mari kita lestarikan warisan budaya bangsa …..

Tags:

0 Responses to “Ulos Batak: Salah Satu Kain Tradisional Indonesia Selain Batik, yang Juga Sarat Makna”

Posting Komentar

Subscribe

Berlangganan Artikel Saya

© 2013 Christie Damayanti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks